Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Jepang berakhir lebih rendah pada perdagangan Jumat, setelah laporan laba dari perusahaan-perusahaan teknologi tinggi mengecewakan dan investor memilih melakukan ambil untung menjelang liburan 10 hari untuk merayakan penobatan Putra Mahkota Naruhito.

Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) kehilangan 48,85 poin atau 0,22 persen, dari tingkat penutupan Kamis (25/4/2019), menjadi mengakhiri perdagangan di 22.258,73 poin. Untuk minggu ini, indeks menguat 0,26 persen, kenaikan minggu keempat berturut-turut.

Sementara itu, indeks Topix yang lebih luas dari semua saham papan utama di pasar Tokyo turun 2,35 poin atau 0,15 persen, menjadi berakhir pada 1.617,93 poin.​

Anritsu, salah satu saham berkinerja terbaik dalam dua tahun terakhir di tengah harapan permintaan terkait 5G, anjlok 12,8 persen setelah pedoman labanya yang berhati-hati mengecewakan investor.

Perusahaan mengalami penurunan 16 persen dalam laba bersihnya pada tahun ini hingga Maret menjadi 7,5 miliar yen (67,17 juta dolar AS), sekitar delapan persen di bawah perkiraan rata-rata analis. Harga saham Anritsu telah mencapai tertinggi 19 tahun bulan lalu, telah meningkat tiga kali lipat dalam dua tahun.

Hasil yang buruk memukul saham-saham lainnya yang telah diuntungkan dari tema 5G.

Advantest, yang memproyeksikan laba operasi tahun finansial ini jatuh 54 persen dari rekor laba tahun sebelumnya, berakhir merosot 8,9 persen.

Lemahnya petunjuk dari pembuat chip AS, Intel dan Xilinx, menekan optimisme yang sedang berkembang bahwa kondisi terburuk telah berakhir untuk sektor ini, yang telah dilanda kekhawatiran atas perang perdagangan China-AS.

"Dilihat dari dengar pendapat kami, ekonomi China, termasuk sektor semi-konduktor, tampaknya telah mencapai titik terendah pada Januari dan Februari. Tetapi orang-orang tidak yakin seberapa kuat pemulihannya," kata Tetsuro Ii, presiden Commons Asset Management.

"Apakah itu akan menjadi pemulihan berbentuk V, atau berbentuk U atau berbentuk L, tidak ada yang benar-benar memiliki gagasan jelas," katanya.

Nintendo ditutup 1,3 persen lebih rendah setelah raksasa game itu menawarkan panduan laba yang konservatif dan mendesak kehati-hatian pada peluncuran konsol Switch-nya di China.

Zozo jatuh 9,3 persen pada penutupan karena pasar mencerna laba terbarunya. Pengecer produk fashion dalam jaringa ini mengatakan mereka memperkirakan laba akan pulih pada tahun fiskal ini setelah membukukan penurunan laba tahunan pertamanya.

Saham-saham perusahaan pialang tertekan setelah laba mereka melemah, dengan Daiwa berakhir turun 0,8 persen, sementara Nomura mengukir keuntungan kecil, 0,2 persen.

Banyak pemain melakukan penyesuaian posisi menjelang libur panjang mulai 27 April hingga 6 Mei, penutupan pasar terpanjang dalam sejarah modern, tidak ingin dihantam oleh pergerakan mendadak di pasar global selama periode ini.

Di antara titik terang adalah Hino Motors, yang ditutup naik 4,4 persen setelah pembuat truk itu mengumumkan pertumbuhan laba pada tahun keuangan yang berakhir Maret dan tahun berjalan.

Kyocera berakhir 4,9 persen lebih tinggi setelah perusahaan memberikan panduan optimis dan menaikkan rasio pembayaran dividen sebesar 10 poin persentase menjadi 50 persen.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019