Jakarta (ANTARA) - Demam "Avengers: Endgame" membuat kehebohan di mana-mana. Bahkan ada bioskop yang dikabarkan ricuh karena penonton tak kebagian tiket film penutup kisah Avengers itu.

Penonton dibuat penasaran dengan akhir dari perjuangan para Avengers, apalagi setelah sang sutradara Russo bersaudara meminta siapa saja yang telah menonton "Avengers: Endgame" untuk tidak membocorkan jalan cerita atau siapa superhero yang akhirnya mati. 

Sayangnya, jika Anda terhubung ke internet sulit rasanya menghindari spoiler. The Verge melansir ada sejumlah cara yang bisa dilakukan guna menghindari spoiler.

Misalnya, jika Anda menghabiskan banyak waktu main Twitter, setel ke modus diam alias "mute" untuk kata kunci tertentu yang ingin dihindari.

Untuk Facebook, meski tak mengizinkan untuk memfilter kata-kata kunci spesifik, Anda bisa menyetel grup yang Anda ikuti selama 30 hari ke modus tak bersuara alias "snooze", grup-grup itu kemungkinan sedang panas-panasnya membahas "Endgame".

Jika ingin melindungi diri lebih luas lagi dari internet, Anda bisa pakai browser extensions alias ekstensi mesin pencari.

Berikut sejumlah ekstensi yang direkomendasikan The Verge yang dikutip Jumat:

1. Spoiler Protection 2.0

Ekstensi ini bisa dipasang di Chrome dan Firefox termasuk Firefox di ponsel dan memungkinkan Anda menambahkan kata-kata kunci yang ingin diblokir mana kala Anda akan berselancar di internet.

Setelah diinstal, tinggal klik ke ekstensi untuk membuka laman untuk melakukan personalisasi.

Halaman ini memungkinkan Anda menambahkan kata kunci tertentu untuk diblokir, serta tindakan yang ingin dilakukan ketika Anda menemukan kata kunci itu. Anda juga dapat mematikan gambar dan video yang terkait dengan kata kunci itu.

Spoiler Protection 2.0 sangat agresif dalam memblokir. Tetapi dengan dimatikannya video dan foto, itu berdampak lebih dari sekadar konten yang terkait dengan kata kunci spoiler Anda. YouTube masih berfungsi, tetapi sebagian besar foto dan video lainnya tak akan termuat.

2. Unspoiler

Begitu Unspoiler diaktifkan di browser, masukkan kata kunci apa saja yang Anda tak ingin ketahui.

Ekstensi ini berfungsi baik menyensor judul-judul berita dan memblokir gambar tertentu yang terkait dengan kata kunci Anda.

3. Cara memblokir spoiler di ponsel

Sebenarnya ada banyak cara untuk memblokir spoiler di browser, tetapi jika Anda mencari solusi seluler, opsi Anda lebih terbatas.

Selain Spoiler Protection 2.0 yang disebutkan di atas, ada juga aplikasi Android yang disebut Spoiler Blocker, yang bertindak seperti Spoiler Protection 2.0 dengan menerapkan blokir keras pada setiap elemen halaman yang menyebutkan kata kunci spoiler Anda.

Baca juga: Berniat tahan buang air kecil saat nonton "Endgame"? Ini bahayanya

Baca juga: Kritikus film AS banjiri "Avengers: Endgame" dengan ulasan positif

 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019