Boyolali (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Boyolali yang menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat, TPS 8 Wonosegoro dan TPS 26 Siswodipuran, Sabtu, pasangan calon 01 hasil penghitungan suara lebih unggul.

Berdasarkan pantauan dari hasil plano penghitungan suara, di TPS 8 Desa Winong Kecamatan Wonosegoro Boyolali, menyebutkan, paslon 01 mendapatkan 109 suara, sedangkan 02 sebanyak 1 suara dari 110 pemilih yang hadir pada PSU.

KPU Boyolali melakukan pemungutan suara ulang di TPS 8 Desa Winong Wonosegoro tersebut karena ada indikasi Ketua KPPS setempat melakukan pencoblosan surat suara pemilih yang videonya sempat viral di media sosial.

KPU juga melakukan pemungutan suara ulang di TPS 26 Siswodipuran Boyolali Kota karena ada beberapa pemilih dari luar daerah yang tidak membawa formulir A5 ikut memberikan hak suaranya di tempat tersebut.

Menurut Ketua PPK Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonosegoro, Nanang Gigih Ari Wibowo KPU Kabupaten Boyolali melaksanakan PSU, di dua tempat yakni TPS 8 Wonosegoro dan TPS 26 Siswodipuran.

Menurut Nanang TPS 8 diulang pemungutan suaranya, karena ada indikasi Ketua KPPS setempat ikut mencoblosan surat suara pemilih yang videonya sempat viral, sedangkan di TPS 26 Siswodipuran ada pemilih dari luar daerah tidak membawa formulir A5 diizinkan memberikan hak suaranya di PTS lain.

Menurut Nanang sesuai rekomendasi Bawaslu dan keputusan KPU untuk dilakukan pemilihan suara ulang untuk TPS 8. Sedangkan, antusias masyarakat di Wonosegoro cukup banyak tidak jauh dari pada pemungutan suara sebelumnya, hanya ada beberapa orang sudah pulang kembali bekerja ke kota perantauan seperti Jakarta.

"Kami berharap dengan PSU di TPS 8 Wonosegoro ini, dapat membuktikan bahwa penyelenggaraan pemilu di wilayah ini, tetap berjalan profesional, jujur, dan adil tanpa ekses," katanya.

Jumlah daftar pemilih tetap di TPS 8 Wonosegoro sebanyak 262 pemilih, sedangkan yang hadir di PSU ini ada 110 pemilih. Hasil penghitungan suara paslon 01 sebanyak 109 suara, dan paslon 02 (1) suara.

Pada PSU di TPS 26 Siswaodipuran Boyolali Kota, menyebutkan, dari 289 pemilih masuk DPT, yang hadir sebanyak 242 pemilih, dan 240 suara dinyatakan sah serta dua suara tidak sah. Hasil penghitungan suara paslon 01 (190) dan paslon 02 (50).

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019