Jakarta (ANTARA) - Klub Bhayangkara FC berhasil memenangi laga yang diwarnai enam gol kontra PSM Makassar di leg pertama babak delapan besar Piala Indonesia 2018-2019 yang berakhir dengan skor 4-2 di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Sabtu.

Gol-gol Bhayangkara dicetak oleh Muhammad Nur Iskandar (11'), Dendy Sulistyawan (16'), Vendry Mofu (65') dan Herman Dzumafo (89').

Sementara dua gol balasan PSM dibuat oleh Willem Jan Pluim (39') dan Zulham Zamrun (64').

Hasil itu membuat peluang Bhayangkara untuk lolos ke babak semifinal Piala Indonesia 2018-2019 semakin besar. Mereka hanya memerlukan hasil imbang atau kalah dengan selisih tidak lebih dari satu gol di leg kedua yang akan berlangsung di Makassar pada Jumat (3/5).

Dalam pertandingan tersebut, Bhayangkara FC yang bertindak sebagai tuan rumah menekan dan menggempur pertahanan PSM sejak awal laga.

Hasilnya, gol pun hadir di menit ke-11 untuk tim berjuluk The Guardian itu, hasil sepakan penyerang Muhamad Nur Iskandar, memanfaatkan bola pantul sepakan Dendy Sulistyawan.

Bhayangkara bahkan mampu menggandakan kedudukan menjadi 2-0 lima menit setelahnya, kali ini dari gol Dendy Sulistyawan.

Skuat yang dilatih oleh Angel Alvredo Vera itu bahkan bisa saja mencetak gol ketiga seandainya tendangan penalti bek Bhayangkara Anderson Salles di menit ke-38 tidak ditangkap dengan baik oleh kiper Rivky Mokodompit.

PSM yang membutuhkan gol tandang terus melakukan perlawanan berhasil mencuri gol di menit ke-39 dari tendangan Willem Jan Pluim yang berasal dari umpan sundulan Rahmat.

Tidak ada gol lain ditorehkan setelahnya, babak pertama berakhir dengan skor 2-1.

PSM Makassar memulai babak kedua dengan baik. Skuat "Juku Eja" sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 berkat gol via tendangan mendatar Zulham Zamrun di menit ke-64.

Zulham mengeksekusi dengan baik umpan sundulan penyerang asal Finlandia Eero Markkanen.

Namun, hanya berselang satu menit, Bhayangkara kembali memimpin usai Vendry Mofu melesakkan bola ke dalam gawang PSM dengan kaki kanannya.

Menjelang akhir laga, tepatnya di menit ke-89, Bhayangkara FC menjauhkan jarak skor setelah Herman Dzumafo menceploskan bola ke gawang PSM.

Skor 4-2 untuk keunggulan Bhayangkara tidak berubah hingga pertandingan usai.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Bhayangkara FC: Awan Setho Raharjo-pg, Anderson Salles, I Putu Gede Juni Antara, Indra Kahfi (kapten), Muhammad Fatchu Rochman, Dendy Sulistyawan, Muhamad Hargianto, Reksa Maulana (69', Sani Rizki), Vendry Mofu (82', Herman Dzumafo), Alsan Sanda (63', Rachmad Hidayat), Muhamad Nur Iskandar.

PSM: Rivky Mokodompit-pg, Abdul Rahman, Beny Wahyudi, Munhar (46', Aaron Evans), Taufik Hidayat, Marc Klok, Rizky Pellu, Willem Jan Pluim (kapten), Zulham Zamrun, Eeron Markkanen, Rahmat (62', Bayu Gatra).

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019