counter

Wakapolda Papua tinjau rekapitulasi suara pemilu di Mimika

Wakapolda Papua tinjau rekapitulasi suara pemilu di Mimika

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua Brigjen Polisi Yakobus Marjuki berbincang dengan Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto di sela-sela meninjau rapat pleno rekapitulasi suara pemilu tingkat distrik di Gedung Eme Neme Yauware Timika, Sabtu (27/4). (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua Brigjen Polisi Yakobus Marjuki meninjau pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara pemilu 2019 yang digelar oleh sejumlah Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Kabupaten Mimika bertempat di Gedung Eme Neme Yauware Timika, Sabtu.

Kepada komisioner KPU dan Bawaslu Mimika, Wakapolda Papua meminta agar menaati tahapan dan jadwal pemilu yang telah ditetapkan secara nasional.

"Tidak boleh ada kendala-kendala yang membuat proses rekapitulasi suara hingga pleno tingkat distrik dan kabupaten terlambat dari jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan. Saya minta pihak keamanan juga terus mengawal seluruh proses rekapitulasi suara sampai pleno hasil pemilu 2019 tingkat Kabupaten Mimika agar semuanya berjalan aman dan lancar. Sejauh ini semuanya sudah berjalan aman," kata Brigjen Marjuki.

Selain memantau kegiatan pleno rekapitulasi suara tingkat distrik, Wakapolda Papua juga menggelar pertemuan singkat dengan Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola dan sejumlah perwira Polres Mimika.

Kapolres Mimika Agung Marlianto mengatakan kehadiran Wakapolda Papua Brigjen Polisi Yakobus Marjuki di Timika dalam rangka memberikan dukungan kepada seluruh perangkat penyelenggara pemilu setempat maupun aparat keamanan agar bisa menuntaskan seluruh jadwal dan tahapan pemilu serentak 2019.

"Kehadiran Bapak Wakapolda Papua tentu memberikan dukungan moril buat semua pihak, terutama penyelenggara pemilu dan kami dari pihak keamanan. Beliau berpesan agar semua tahapan dilaksanakan tepat waktu dan mengawal semua proses ini sampai selesai," jelas AKBP Agung.

Menurut Kapolres, Mimika awalnya dianggap sebagai salah satu daerah rawan saat penyelenggaraan pemilu serentak, Rabu 17 April 2019.

Namun dalam kenyataan, katanya, situasi keamanan di Mimika baik sebelum, saat dan pascapemungutan suara pemilu, tetap kondusif dan tidak terjadi permasalahan apapun.

Kondusifnya situasi kamtibmas di Mimika selama perhelatan pemilu serentak 2019 ini, demikian Kapolres, berkat kerja sama yang harmonis seluruh komponen baik pemerintah daerah, penyelenggara, aparat keamanan serta seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan kaum perempuan di wilayah itu.

Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola mengatakan jajarannya telah menginstruksikan seluruh PPD untuk segera menyelesaikan tahapan pleno rekapitulasi suara tingkat distrik masing-masing.

Hingga kini distrik yang belum menyelesaikan pleno rekapitulasi suara pemilu yaitu Mimika Baru dan Kwamki Narama (dengan jumlah TPS sebanyak 411), Wania dan Kuala Kencana.

KPU Mimika menjadwalkan pembukaan pleno rekapitulasi suara pemilu 2019 tingkat kabupaten pada Senin (29/4) atau Selasa (30/4) dan selanjutnya akan dibawa ke rapat pleno rekapitulasi suara pemilu 2019 tingkat Provinsi Papua di Jayapura.
 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar