Festival Pesona Raja Ampat raih CoE Award 2019

Festival Pesona Raja Ampat raih CoE Award 2019

Pemandangan destinasi wisata Raja Ampat (Foto: Antara Papua Barat/ Ernes)

Sorong (ANTARA) - MarkPlus salah satu pusat pengembangan pariwisata indonesia yang didukung oleh Kementerian Pariwisata memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Raja Ampat di Papua Barat karena dinilai mampu melaksanakan pengembangan pariwisata melalui event pariwisata.

Penghargaan tersebut adalah Calender of Event (CoE) Award 2019 untuk kategori Event Wisata Buatan yang diberikan kepada Raja Ampat atas keberhasilan melaksanakan Festival Pesona Bahari Tahun 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat Yusdi Nurdin Lamatenggo, di Sorong, Sabtu mengatakan bahwa dari 100 festival di Indonesia, hanya 30 yang dinilai terbaik dan masuk dalam nominasi berdasarkan penilaian pengunjung.

Dia mengatakan bahwa dari 30 festival tersebut, tiga yang paling terbaik dan mendapat penghargaan nasional dari MarkPlus. Salah satu adalah Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2018 yang terpilih sebagai champion untuk kategori nature.

Menurut dia, atas keberhasilan menyelenggarakan festival itu, MarkPlus mengundang Raja Ampat untuk menerima penghargaan Calender of Event Award 2019 di Jakarta pada 25 April 2019.

Ia menjelaskan, penghargaan tersebut karena festival melibatkan masyarakat dan mereka merasakan dampak ekonomi dari kegiatan festival.

Bukan hanya masyarakat, tetapi sukses festival karena kerja sama berbagai pihak seperti lembaga konservasi, pemandu wisata HPI, media dan operator pariwisata lainnya.

"Kami harapkan kerja sama ini tetap berlanjut pada pelaksanaan kegiatan festival tahun berikutnya," kata dia lagi.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

JK terima anugerah Ide Anak Agung Gde Agung

Komentar