Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund menelan kekalahan dalam laga pekan ke-31 Liga Jerman dan dipecundangi Schalke 04 2-4 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Sabtu, setelah tuan rumah mendapatkan dua kartu merah di pertandingan itu.

Laga yang akrab disapa Derby Ruhr itu diwarnai dua kartu merah yang diterima Dortmund dalam rentang waktu lima menit di babak kedua yakni untuk sang kapten Marco Reus dan bek Marius Wolf, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Ketika menerima kartu merah pertama, Dortmund tengah tertinggal 1-2 dan lantas kartu merah kedua diperoleh dalam ketertinggalan 1-3, dan sejak itu dengan kondisi 9 vs 11 sangat sulit bagi tuan rumah untuk membalikkan keadaan.

Hasil itu, sekaligus mencederai peluang Dortmund dalam perburuan gelar juara. Mereka tertahan di posisi kedua dengan koleksi 69 poin, masih terpaut satu poin dari Bayern Muenchen (70) yang baru merumput pada Minggu (28/4).

Sebaliknya bagi Schalke (30) hasil itu sekaligus memperbesar peluang menghindari degradasi langsung ke kasta kedua, karena unggul 12 poin dari FC Nuernberg (18) di urutan ke-17.

Baca juga: Jelang derby Ruhr, Bos Schalke malah puji Dortmund

Dortmund sebetulnya memulai laga dengan sangat baik dan membuka keunggulan lewat kesempatan kedua mereka yang diselesaikan dengan umpan silang Jadon Sancho ditanduk oleh Mario Goetze pada menit ke-14.

Namun keunggulan itu hanya bertahan empat menit, sebab Daniel Caligiuri berhasil menyarangkan bola dari eksekusi tendangan penalti setelah Julian Weigl dipastikan menyentuh bola dengan tangan di dalam area terlarang yang dikonfirmasi teknologi VAR.

Schalke berbalik unggul pada menit ke-28 ketika sepak pojok Caligiuri berhasi disambut tandukan tajam oleh Salif Sane demi mengubah skor menjadi 2-1.

Skor itu bertahan hingga turun minum dan upaya Dortmund mengejar ketertinggalan mendapat tantanga berat ketika Reus melakukan pelanggaran terhadap Suat Serdar yang langsung diganjar kartu merah oleh wasit Felix Zwayer pada menit ke-60.

Pelanggaran tersebut kemudian berbuah tendangan bebas yang dieksekusi dengan baik oleh Caligiuri ke sudut kiri atas gawang untuk memperbesar keunggulan Schalke menjadi 3-1.

Hanya lima menit setelah kartu merah Reus, Zwayer kembali mengeluarkan kartu yang sama untuk Wolf setelah ia melakukan pelanggaran keras terhadap pemain yang sama, Serdar.

Meski dalam kondisi tak ideal, Dortmund sempat memangkas ketertinggalan mereka menjadi 2-3 pada menit ke-85 lewat sontekan jarak dekat Axel Witsel.

Namun, Schalke segera menjawab gol tersebut dengan tembakan jarak jauh Breel Embolo yang merestorasi keunggulan dua gol dan memastikan kemenangan bagi tim tamu dengan skor akhir 4-2.

Baca juga: Menang di kandang Augsburg, Leverkusen masuki zona Eropa

Susunan pemain:

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki; Marius Wolf, Julian Weigl, Manuel Akanji, Abdou Diallo; Axel Witsel, Thomas Delaney (Paco Alcacer); Jadon Sancho, Marco Reus, Raphael Guerreiro (Christian Pulisic); Mario Goetze
Pelatih: Lucien Favre

Schalke 04 (5-3-2): Alexander Nuebel; Daniel Caligiuri (Sebastian Rudy), Salif Sane, Benjamin Stambouli, Matija Nastasic, Bastian Oczipka; Weston McKennie (Jeffrey Bruma), Omar Mascarell, Suat Serdar; Guido Burgstaller, Breel Embolo
Pelatih: Huub Stevens

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019