Momentum ini dapat dijadikan untuk menjalin komunikasi bisnis dan memperluas jaringan pemasaran
Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersiap menyelenggarakan tiga kegiatan pariwisata yang telah dimasukkan dalam 100 Wonderful of Event 2019 Kementerian Pariwisata tahun ini, yaitu Festival Bunaken, Festival Pesona Selat Lembeh dan Tomohon International Flower Festival.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen di Manado, Minggu, berharap upaya maksimal yang dilakukan di sektor pariwisata mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami optimistis dengan berbagai upaya yang dilakukan sektor pariwisata akan membawa kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, termasuk di antaranya pertumbuhan perekonomian daerah," kata Silangen.

 Menurut Silangen, festival-festival ini akan menampilkan produk unggulan dari berbagai daerah dan menyuguhkan pentas seni budaya yang ada di Sulut, dan menggerakkan "marine tourism", "ecotourism", "carnaval", kuliner, serta "sport and fashion" di daerah ini.

"Terima kasih kepada Menteri Pariwisata yang terus mendukung kemajuan potensi wisata daerah di Sulut," ujarnya.

Semuanya ini dimaksudkan untuk mempromosikan pariwisata Sulut, meningkatkan perekonomian, menciptakan iklim investasi yang aman, pemberdayaan masyarakat, serta meningkatkan citra pariwisata daerah ini, jelasnya.

Tak hanya itu, festival yang digelar di tiga kota berbeda itu (Kota Manado, Kota Bitung dan Kota Tomohon) diharapkan menciptakan wahana interaksi antarpenjual dan pembeli, serta antarpelaku usaha.

"Momentum ini dapat dijadikan untuk menjalin komunikasi bisnis dan memperluas jaringan pemasaran, serta meningkatkan kunjungan wisatawan di provinsi ini," katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi dan memuji peningkatan dan perkembangan wisata di provinsi ujung utara Sulawesi itu, katanya.

Menurut Menteri, kata Silangen, kunci penting dalam penyelenggaraan sebuah kegiatan adalah kreatif, komersil, komunikasi, komitmen serta konsistensi.* 


Baca juga: Tomohon International Flower Festival dongkrak pariwisata Sulut
Baca juga: Pemprov Sulut tawarkan sport tourism
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019