Sementara itu dari arah Malang ke Surabaya mulai dari pertigaan Desa Juwet di arahkan ke Jalan Raya Porong,
Sidoarjo (ANTARA) - Petugas satuan lalu lintas Polresta Sidoarjo, Jawa Timur mengalihkan pengendara supaya melalui Jalan Arteri Porong menyusul adanya peristiwa banjir yang terjadi di Jalan Raya Porong, pada Senin pagi dengan ketinggian sekitar 60 centimeter sampai dengan 70 centimeter.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Sidoarjo, Komisaris Polisi Fahrian Siregar di Sidoarjo, Senin, mengatakan, karena ketinggian air makin bertambah, bahkan saat ini dua jalur Jalan Raya Porong untuk sementara ditutup.

Ia mengemukakan, penutupan dari arah Surabaya dimulai dari bundaran Tanggulangin diarahkan ke Jalan Arteri Porong.

"Sementara itu dari arah Malang ke Surabaya mulai dari pertigaan Desa Juwet di arahkan ke Jalan Raya Porong," tambahnya.

Ia menyebutkan, pengalihan arus kendaraan itu dilakukan supaya pengendara tidak terjebak di dalam banjir, terutama untuk kendaraan roda dua.

"Rekayasa ini untuk semua kendaraan, namun dari arah Malang ke Surabaya kalau ada sepeda motor yang sudah terlanjur, setibanya di pertigaan Jalan Flamboyan di arahkan belok kiri," lanjutnya.

Menurutnya, pengalihan arus lalu lintas tersebut hanya sementara supaya pengendara tidak terkena banjir.

"Kami juga berkoordinasi dengan Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) supaya mengerahkan pompa mereka untuk mengurangi banjir yang ada di wilayah tersebut.

"Kami berkoordinasi dengan PPLS supaya mengerahkan pompanya untuk mengurangi banjir, mengingat lokasi itu sudah menjadi langganan banjir," katanya.

Sutomo salah satu warga yang melintas, enggan untuk diarahkan ke Jalan Arteri Porong, dan dirinya lebih memilih untuk menggunakan tanggul penahan lumpur, karena lebih dekat.

"Lebih dekat lewat atas tanggul penahan lumpur daripada harus melewati Jalan Arteri Porong karena lebih dekat," ujarnya.

Banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi juga melanda wilayah Pasuruan, Jatim hingga menyebabkan Jalur Pantura yakni di wilayah Kraton tergenang banjir setinggi 60 centimeter sampai dengan 70 centimeter.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019