"Citilink sudah berkoordinasi dengan AP I melakukan penerbangan joyflying pada 29 April. Kami siap melakukan penerbangan ke Bandara Internasional Yogyakarta," kata Teten.
Kulon Progo (ANTARA) - Maskapai penerbangan Citilink akan melakukan penerbangan pertama  di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 6 Mei 2019.

VP Network Management PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Teten Wardaya di Kulon Progo, Senin, mengatakan bahwa dari enam kali pembukaan bandara baru, Citilink melakukan penerbangan perdana dua kali di Kertajati dan Samarinda, rencananya ketiga kali pada 6 Mei 2019 di Bandara Internasional Yogyakarta.

"Citilink sudah berkoordinasi dengan AP I melakukan penerbangan joyflying pada 29 April. Kami siap melakukan penerbangan ke Bandara Internasional Yogyakarta," kata Teten.

Ia mengatakan bahwa sebagai bentuk dukungan kepada PT Angkasa Pura I dengan rencana pengoperasian minimal Bandara Internasional Yogyakarta, pihaknya akan melakukan uji coba penerbangan dari Bandara Sukarna-Hatta ke Bandara Internasional Yogyakarta pada 2 Mei dengan menggunakan pesawat Airbus 320.

"Kalau sudah selesai dan lancar, kami akan  melakukan penerbangan komersial pada 6 Mei dari Bandara Halim Perdana Kusuma ke Bandara Internasional Yogyakarta. Rencana terbang pada 11.30 WIB," kata Teten.

Ia mengatakan saat ini masih dalam proses pengurusan rute dan slot ke Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

"Setelah izin rute turun, pada 6 Mei melakukan penerbangan pertama dan menyosialisasikan kepada konsumen pengguna jasa pesawat.

Teten mengatakan Garuda Group terdiri dari Garuda, Citilink, Nam Air, dan Sriwijaya Air. Terkait, volume penerbangan ke Bandara NYIA, Teten mengatakan masih melakukan analisa peminat pasar.

"Kami akan menentukan volume penerbangan setelah melihat minat konsumen pascapenerbangan perdana," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019