Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI akan menyelenggarakan Jakarta Mudik Bersama bagi warga ibu kota menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 secara gratis.

Melalui Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta rencananya akan memberangkatkan pemudik ke-10 kota tujuan dengan kuota sebanyak 16.578 penumpang menggunakan 307 bus.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melepas para peserta Jakarta Mudik Bersama secara simbolis pada Kamis (30/5) di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

"Mudik gratis ini merupakan kegiatan pertama kali yang digelar Pemprov DKI Jakarta bagi warga Jakarta," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko di Balai Kota DKI Jakarta, Senin.

Kuota untuk mudik gratis terbatas, maka para calon pemudik diharuskan memenuhi beberapa persyaratan. Secara teknis, calon pemudik yang akan mengikuti mudik gratis diwajibkan mengisi data diri serta anggota keluarga yang akan diikutsertakan.

Pada saat registrasi diharapkan dapat menunjukkan KTP DKI Jakarta atau Kartu Keluarga, daftar online bisa dari telepon genggam (HP).

"Daftar, masukan data, isi lengkap, terus kirim langsung dapat nomor booking. Formulir pendaftaran ini harus diisi selengkap mungkin. Jika tidak, pemudik akan diberi tanda peringatan," katanya.

Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan truk untuk mengangkut kendaraan roda dua jika calon pemudik Jakarta Mudik Bersama ingin membawa motor ke kampung halaman saat mudik.

Para calon pemudik ini dapat mengisi data sesuai dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) ke dalam formulir pada program pendaftaran.

"Kalau sudah lengkap, akan dapat nomor booking. Lalu dikasih waktu lima hari kerja untuk dapat manual ke kantor Dishub atau lima kantor Sudinhub dimana dia daftar," katanya.

Setelah itu, calon pemudik wajib menunjukkan KTP, kode booking dan STNK jika membawa motor. Petugas Dishub atau Sudinhub akan mencocokkan KTP dengan kode saat daftar online. Setelah itu, dicetak tiketnya.

Pendaftaran mudik gratis telah dibuka pada 28 April 2019 pukul 00.00 WIB. Pendaftaran Jakarta Mudik Bersama ini harus melalui laman https://mudikgratis.jakarta.go.id.

Berikut ini lokasi mudik dan balik bagi peserta Jakarta Mudik Bersama Tahun 2019.
Lokasi keberangkatan penumpang dilakukan di Monas pada hari Kamis, 30 Mei 2019, pukul 07.00 WIB.

Lokasi kedatangan penumpang di 10 kota tujuan Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta dan Jombang.

Lokasi balik pada hari Sabtu 8 Juni 2019, pukul 07.00 WIB dilakukan dari terminal masing-masing daerah menuju Monas.
Baca juga: Pertamina antisipasi lonjakan konsumsi BBM 15 persen jelang Lebaran
Baca juga: Pemerintah diminta persiapkan fasilitas area istirahat tol untuk mudik

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019