Polda Kalsel gelar Operasi Keselamatan Intan 2019

Polda Kalsel gelar Operasi Keselamatan Intan 2019

Polda Kalsel gelar pasukan Operasi Keselamatan Intan 2019. (Antarakalsel/foto/Gunawan Wibisono)

Operasi Keselamatan ini dalam rangka cipta kondisi pasca pemilu dan menjelang Idul Fitri 2019
Banjarmasin (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Kalsel menggelar Operasi Keselamatan Intan 2019 dengan fokus pada Direktorat Lalu Lintas dan jajaran Satuan Lalu Lintas di Polres-Polres.

"Operasi Keselamatan ini dalam rangka cipta kondisi pasca pemilu dan menjelang Idul Fitri 2019," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani di Banjarmasin, Senin.

Terus dikatakan, gelar pasukan dalam operasi tersebut sudah dilaksanakan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri lantaran kondisi hujan yang tidak memungkinkan untuk digelar di lapangan apel Mapolda Kalsel, pada Senin (29/4).

Dalam operasi ini, Kapolda Kalsel mengatakan pelanggaran yang menjadi prioritas sasaran, di antaranya pengendara di bawah umur dan penggunaan handphone saat mengemudi dan lainnya.

Selain itu, operasi ini lebih mengedepankan Dikmas Lantas dan mengedukasi masyarakat agar sadar untuk tertib, namun tetap pelanggaran yang jadi sasaran prioritas harus ditindak tegas karena berpotensi terjadinya kecelakaan.

Kapolda pun berharap seiring digelarnya kegiatan ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya keselamatan di jalan raya dengan cara mematuhi segala aturan berlalu lintas.

"Kami berharap akan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif terhadap sosok Polantas dan diharapkan terbangun melalui teguran simpatik dan humanis yang dilakukan petugas di lapangan ketika mendapati pelanggar lalu lintas," ujar perwira tinggi Polri itu.

Pria berpangkat bintang dua itu mengingatkan agar petugas jangan terus terusan memberikan tilang jika pelanggaran masih bisa ditolerir ya ditegur untuk tidak mengulangi lagi.

"Kalau pelanggaran yang dilakukan pengendara tidak berat dan masih bisa ditolerir maka ya jangan ditilang berikan saja teguran hal itu untuk meningkat kepercayaan masyarakat terhadap citra Polantas," tutur orang nomor satu di lingkungan Polda Kalsel.

Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Intan 2019 itu turut dihadiri Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed dan Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto.


Baca juga: Polda Sumsel gelar operasi cipta kondisi jelang Ramadhan
Baca juga: Ribuan personel gabungan dikerahkan dalam Operasi Keselamatan 2019
Baca juga: Polda turunkan 2 SSK bantu korban banjir bandang Sigi
Baca juga: Polda Kalbar akan razia pengendara bermotor sambil "main handphone"

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar