Dari saya sendiri, saya akan coba minta kepada dirjen untuk mencari cara supaya mereka bisa memberikan tarif yang lebih terjangkau
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menugaskan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti untuk berkomunikasi secara intens dengan maskapai-maskapai agar memberlakukan tarif penerbangan yang terjangkau.

"Saya akan secara intens menugaskan dirjen perhubungan udara (Hubud) untuk berkomunikasi dengan Garuda serta maskapai-maskapai lainnya agar tarif-tarif yang terjangkau itu juga menjadi bagian yang bisa disediakan, sehingga bukan untuk yang kalangan mampu saja tetapi bagi mereka yang memiliki keuangan pas-pasan, individu yang rutin pulang-pergi ke suatu tempat atau mereka yang mudik itu bisa mendapatkannya," ujar Menhub Budi Karya kepada pers di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan bahwa persoalan tarif pesawat yang tinggi ini juga akan menjadi suatu bahasan bagi Kemenhub, apalagi masyarakat akan menjalani Puasa, Lebaran.Pastinya masyarakat menginginkan suatu tarif yang lebih terjangkau.

Selain berkomunikasi intens dengan sejumlah maskapai, Kemenhub juga akan melakukan cara persuasif dan komunikatif antara pihaknya dengan Kementerian BUMN untuk mencarikan jalan keluarnya.

"Caranya bagaimana, caranya tentu kita lakukan dengan persuasif dan komunikatif antara Kemenhub dan Kementerian BUMN yang mencarikan jalan keluar," kata Menhub.

Konteks tarif pesawat ini juga, lanjut Budi,juga ada relevansinya dengan Kementerian Bidang Perekonomian, karena kemarin ada suatu diskusi yang berkaitan dengan lebaran dan inflasi, dibahas di situ bahwa angkutan udara adalah satu jenis aktivitas yang berkontribusi terhadap inflasi. Maka dari itu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian akan membahas hal tersebut.

"Dari saya sendiri, saya akan coba minta kepada dirjen untuk mencari cara supaya mereka bisa memberikan tarif yang lebih terjangkau,'" tutur Menhub.

Menurut Budi, pihaknya akan memberikan suatu usaha persuasi dan memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada maskapai-maskapai untuk bisa memberlakukan tarif yang terjangkau.

"Mudah-mudahan jika ini berkaitan dengan lebaran, mereka akan memberlakukan tarif yang terjangkau. Dan apabila tidak, baru kita cari jalan keluarnya," ujar Menhub.

Baca juga: Tarif pesawat belum kondusif, Menhub koordinasikan dengan Menko Darmin
Baca juga: Menhub minta maskapai-masyarakat saling mengerti soal tarif pesawat

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019