Jakarta (ANTARA) - Aktris AS Elle Fanning, novelis grafis Prancis Enki Bilal dan sutradara peraih nominasi Oscar "The Favourite", Yorgos Lanthimos, akan jadi anggota juri di Festival Film Cannes bulan depan, kata penyelenggara, Senin (29/4).

Dilansir Reuters, pameran film terbesar di dunia dimulai di French Riviera pada 14 Mei, dengan sutradara Meksiko Alejandro Gonzalez Inarritu sebagai pemimpin panel yang memutuskan penghargaan-penghargaan yang diberikan, termasuk penghargaan bergengsi Palme D’Or.

Dibagi menjadi empat lelaki dan empat perempuan, juri untuk festival edisi ke-72 ini juga meliputi sineas Polandia dan penulis skenario yang disebut sutradara terbaik di Cannes tahun lalu untuk film "Cold War", Pawel Pawlikowski.

Maimouna N’Diaye, yang sudah menyutradarai film-film dokumenter dan berakting di film "Chasing Butterflies" dari Otar Iosseliani, juga akan duduk di panel tersebut, bersama dua sutradara perempuan lain.

Yakni, sutradara Kelly Reichardt dari AS, yang karyanya "Wendy and Lucy" dibintangi Michelle Williams merupakan pesaing untuk Un Certain Regard award pada Cannes 2008, menyutradarai film "Certain Women" pada 2016.

Kemudian, ada Alicia Rohrwacher dari Italia. Ia memenangi skenario terbaik di Cannes tahun lalu untuk film "Happy as Lazzarro", kisah satir tentang keluarga petani.

Sineas Prancis Robin Campillo, yang menghebohkan Cannes pada 2017 lewat "120 BPM - Beats Per Minute", memenangi Grand Prix untuk filmnya tentang seorang aktivis AIDS, akan bergabung dalam jejeran dewan juri.

Juga, pencipta komik Bilal, yang terkenal karena trilogi novel fiksi ilmiah Nikopol, serta menyutradarai film-film layar lebar, termasuk "Immortal" pada 2004, kata penyelenggara.

Fanning, yang mulai terjun di dunia film sejak masih anak-anak, telah membintangi beberapa film dalam kompetisi di Cannes dalam beberapa tahun terakhir, termasuk "The Beguiled" oleh Sofia Coppola pada tahun 2017.

Festival Cannesyang digelar 14-25 Mei akan dimulai dengan penayangan film terbaru sutradara AS Jim Jarmusch, "The Dead Don't Die".

Baca juga: Film Jepang "Shoplifter" rebut Palme d`Or Cannes
 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019