Atletik

Abdul Hafiz dituntut penuhi lemparan 70 meter

Abdul Hafiz dituntut penuhi lemparan 70 meter

Atlet lempar lembing Indonesia Abdul Hafiz (kiri) dan Rustika Sibagariang berpose di sela latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Senin (29/4/2019). (Antara/Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Atlet lempar lembing Abdul Hafiz dituntut memenuhi lemparan sejauh 70 meter jika pria asal Sumatera Utara itu ingin melenggang mulus membela Indonesia pada SEA Games 2019 Manila, Filipina, akhir tahun nanti.

"Soalnya limit lolos ikut SEA Games untuk  putra harus di atas 69 meter, 70 meter lah target minimal untuk mendapat medali emas," kata pelatih lempar lembing Zainuddin Umar di Jakarta, Selasa.

Pelatih yang bergabung dengan pelatnas sejak Desember 2018 ini menilai Abdul Hafiz merupakan satu-satunya atlet Indonesia yang sudah siap menghadapi kejuaraan dua tahunan itu. Namun, kemampuannya harus ditingkatkan.

Zainuddin menjelaskan ada beberapa hal yang disoroti atas Hafiz,  di antaranya adalah teknik ayunan bahu dan teknik penopang kaki kedua atletnya yang dia anggap masih belum benar.

Untuk memaksimalkan hasil latihan, Abdul Hafiz dan atlet putri Rustika Sibagariang bakal dikirim ke Italia untuk turun pada kejuaraan khusus mahasiswa, Universiade Napoli 2019, 3-14 Juli 2019.

Sementara itu, Abdul Hafiz mengatakan ia akan berusaha semaksinal mungkin saat dipercaya turun pada sebuah kejuaraan. Apalagi dirinya punya tekat untuk memperbaiki catatan lemparan terbaiknya.

"Di Napoli cuma ingin melewati catatan lemparan. Saat ini lemparan terbaik saya 69,30 meter," kata peraih medali perak SEA Games 2017 di Malaysia itu.

Untuk memenuhi target, Abdul Hafiz mengaku terus meningkatkan porsi latihan dan beradaptasi dengan metode latihan yang diberikan oleh pelatih barunya, Zainuddin Umar.

"Saya masih mencari-cari teknik yang diajarin pelatih baru saya ini, soalnya sebelumnya saya itu kan latihan sama pelatih yang lain," kata Hafiz.

Pewarta: Bayu Kuncahyo/Abdu Faisal
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menpora targetkan 45 medali emas pada SEA Games 2019

Komentar