Pakistan kembali sampaikan komitmen bagi Afghanistan yang stabil

Pakistan kembali sampaikan komitmen bagi Afghanistan yang stabil

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan pada Senin (29/4) kembali menyampaikan komitmen bagi upaya AS dengan tujuan diakhirinya perang yang merongrong negara tetangganya, Afghanistan, selama lebih dari satu dasawarsa. (APP - Pakistan)

Karachi, Pakistan (ANTARA) - Pakistan pada Senin (29/4) kembali menyampaikan komitmen bagi upaya AS dengan tujuan diakhirinya perang yang merongrong negara tetangganya, Afghanistan, selama lebih dari satu dasawarsa.

Menteri Luar Negeri Pakistan Sohail Mahmood menyampaikan komitmen tersebut kepada Utusan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad, yang sedang berkunjung dan bertemu dengan para pejabat Pakistan di Ibu Kota negeri itu, Islamabad. Pertemuan itu adalah bagian dari lawatan barunya ke lima negara untuk menggolkan upaya Washington "guna memfasilitasi penyelesaian politik" di Afghanistan.

"Menteri Luar Negeri kembali menyampaikan komitmen Pakistan bagi Afghanistan yang damai dan stabil," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Mohammad Faisal di Twitter, sebagaimana dikutip Kantor Berita Turki, Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa.

Dalam kunjungan di Pakistan, Khalilzad "bertukar pendapat mengenai kerja sama yang berlangsung bagi penyelesaian politik di Afghanistan", kata Faisal. Ia menambahkan kedua pihak sepakat untuk tetap terlibat secara erat.

Namun setakat ini, proses perdamaian Afghanistan masih belum mencapai terobosan karena milisi Taliban menolak permintaan yang berulangkali disampaikan AS bagi dimasukkannya Pemerintah Kabul dalam pembicaraan tersebut.

Sementara itu, Pemerintah Kabul mengeluh karena disisihkan.
 

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA 2019

International Corner - Membedah Perjanjian Dagang Khusus RI - Pakistan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar