Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Sebanyak 1.278 personil kepolisian di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan mengamankan peringatan Hari Buruh atau May Day pada Rabu (01/05/2019).

"Kita kerahkan 1.278 personil gabungan dari polres, polsek, dan bantuan Brimob Polda Metro Jaya," kata Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Candra Sukma Kumara di Cikarang, Selasa.

Candra mengatakan, pengamanan dilakukan di sepanjang jalan lintasan buruh yang hendak ke Jakarta maupun di titik pusat kegiatan buruh yang ada di Kabupaten Bekasi.

"Para buruh di Kabupaten Bekasi ada yang melaksanakan May Day ke Jakarta maupun di Bekasi sendiri," katanya.

Di Kabupaten Bekasi, lokasi kegiatan May Day berpusat di Central Park Meikarta, Cikarang Selatan dan sejumlah titik buruh melakukan kegiatan.

"Kalau untuk buruh yang ke Jakarta, dari data pemberitahuan ada sekitar 4.300 buruh di Kabupaten Bekasi," ucapnya.

"Mereka merupakan gabungan dari sejumlah serikat buruh seperti FSPMI, SPBI, KEP SPSI, GSPMII, KASBI, FKI, dan GSPB," imbuhnya.

Candra menjelaskan, proses pengawalan buruh yang akan berangkat ke Jakarta dilakukan dari titik kumpul pemberangkatan hingga perbatasan daerah Kota Bekasi.

"Kita akan kawal mereka yang ingin bergabung melakukan aksi di Bundaran HI, Istana Negara, dan Mahkamah Konstitusi," kata dia.

Pihaknya berharap, perayaan May Day tahun ini dilakukan dengan penuh kegembiraan dan suka cita, serta tetap menjaga keamanan dan ketertiban umum.

"May Day hari mereka, silakan mereka melakukan kegiatan apapun itu. Mulai ungkapan ekspresi atau hiburan dan kumpul-kumpul lainnya. Lakukan dengan positif dan tertib," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019