Badung, Bali (ANTARA) - Konsul Jenderal Amerika Serikat Surabaya Mark McGovern meresmikan Dewan Penasihat Keamanan Luar Negeri (OSAC) Cabang Bali di Nusa Dua Resort, Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Peresmian OSAC Bali itu dilaksanakan dalam sebuah pelatihan yang dibuka Pejabat Pelaksana Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Brendan Murray, di Nusa Dua Resort, Kabupaten Badung, Bali, 29-30 April 2019.

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 60 General Manager dan Direktur Keamanan dari berbagai hotel yang menjadi anggota OSAC, serta perwakilan dari komunitas diplomatik, Kepolisian Daerah Bali dan BPBD Bali.

Dalam pelatihan yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) itu, Kedubes AS untuk Indonesia, juga memberikan pelatihan ekstensif untuk para petugas responder pertama dan staf keamanan dari Bali Hotels Association.

"Dewan Penasihat Keamanan Luar Negeri adalah wadah untuk berbagi informasi keamanan antara sektor bisnis dan Pemerintah AS. Aliansi ini memperkuat bagian penting dari ekonomi Indonesia, dan dapat meningkatkan keamanan dan kepercayaan bagi jutaan wisatawan yang mengunjungi Bali setiap tahunnya. Ini merupakan contoh lain kemitraan antara Amerika Serikat dan Indonesia, dan menunjukkan komitmen kami terhadap stabilitas dan keamanan di kawasan ini," kata Mark McGovern.

Dewan Penasihat Keamanan Luar Negeri didirikan pada tahun 1985 untuk mempromosikan kerja sama keamanan antara Pemerintah A dan kepentingan sektor swasta Amerika di luar negeri. Hampir 17.000 perwakilan dari lebih dari 4.900 organisasi AS berpartisipasi dalam program OSAC, termasuk bisnis, kelompok agama, universitas, dan perguruan tinggi serta organisasi non-pemerintah lainnya.

Dalam peluncuran OSAC, Kedubes AS untuk Indonesia, bekerja sama dengan Komunitas Palang Merah Indonesia dan berafiliasi dengan Bali Hotels Association, memulai pelatihan "Medical First Responders" yang terdiri dari first aid, CPR, dan persiapan tanggap bencana. Kemitraan dengan OSAC dan Asosiasi Hotel Bali merayakan kuatnya hubungan Amerika-Indonesia dalam banyak hal.

Pewarta: Edy M Yakub
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019