Di tengah tekanan ekonomi nasional dan global yang belum stabil, Bank BJB tetap menunjukan pertumbuhan berkualitas, bank BJB mampu mencatatkan kinerja keuangan dengan pencapaian yang baik
Bandung (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) memberikan persetujuan atas penetapan penggunaan sebagian laba bersih perseroan untuk pembayaran dividen, yaitu sebesar Rp879,6 miliar atau sebesar 57,44 persen dari laba bersih yang berhasil dibukukan  di tahun buku 2018 sebesar Rp1,53 triliun.

Pembayaran dividen tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan tahun buku 2018 Bank BJB, di Kota Bandung, Selasa, yang diikuti oleh 34 kepala daerah tingkat kabupaten/kota se-Jawa Barat dan Banten atau kuasanya serta pemegang saham publik.

Selain itu, RUPST memberikan persetujuan atas Laporan Tahunan termasuk Laporan Keuangan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2018.

Dengan persetujuan atas laporan tersebut, RUPST Bank BJB juga memberikan pelepasan atau pembebasan tanggung jawab (acquit et decharge) kepada anggota Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilaksanakan sepanjang tahun buku 2018.

Baca juga: Penyaluran kredit mikro Bank BJB capai Rp5,5 triliun
Baca juga: DPRD minta gubernur berkomunikasi dengan pemkab/pemkot terkait BJB


RUPST telah memberikan kuasa dan kewenangan kepada Bank BJB dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan dan praktik tata kelola yang baik untuk mengatur tata cara pembayaran dividen tahun 2018.

Sesuai dengan keputusan RUPST terdapat perubahan pada susunan Dewan Komisaris dan Direksi.

Dengan demikian setelah ditutupnya RUPST, maka susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang menjabat adalah sebagai berikut:

Direktur Utama dijabat oleh Yuddy Renaldi, Direktur Kepatuhan dijabat oleh Agus Mulyana, Direktur Konsumer dan Ritel dijabat oleh Suartini, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko dijabat oleh Nia Kania, Direktur Operasional dijabat oleh Teddy Setiawan, Direktur Komersial dan UMKM dijabat oleh Beny Riswandi dan Direktur IT, Treasury dan International Banking dijabat oleh Rio Lanasier

Sedangkan susunan Dewan Komisaris Bank BJB ialah sebagai berikut:

Komisaris Utama Independen dijabat oleh Farid Rahman, Komisaris dijabat oleh Muhadi, Komisaris dijabat oleh Eddy Iskandar Muda Nasution, Komisaris Independen dijabat oleh Yayat Sutaryat dan Komisaris Independen dijabat oleh Fahlino F Sjuib.

Di tengah tekanan ekonomi nasional dan global yang belum stabil, Bank BJB tetap menunjukan pertumbuhan berkualitas, bank BJB mampu mencatatkan kinerja keuangan dengan pencapaian yang baik.

Sepanjang tahun 2018, perolehan laba dan kinerja yang positif terus ditunjukan Bank BJB dengan perolehan laba bersih naik sebesar 28,1 persen year on year (y-o-y) atau berada di atas pertumbuhan laba bersih industri perbankan per Desember 2018 sebesar 10,36 persen y-o-y.

Selain kinerja keuangan, Bank BJB juga berhasil mendapatkan berbagai prestasi gemilang dengan total sebanyak 46 penghargaan yang diberikan dari berbagai lembaga terpercaya di Indonesia, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi, Majalah Infobank, Majalah Investor, Majalah Warta Ekonomi, Majalah Economic Review, Majalah SWA, Tempo Media, Majalah Business News, dan lainnya.

Baca juga: Yuddy Renaldi jabat Dirut Bank BJB
Baca juga: Anggota DPR minta jajaran direksi BJB miliki integritas

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2019