counter

Duta Besar Vatikan resmikan Gereja Katedral Samarinda

Duta Besar Vatikan resmikan Gereja Katedral Samarinda

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo akhirnya meresmikan Gereja Katedral Samarinda Jl Jenderal Sudirman, Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/4/2019). (ANTARA/Arumanto)

Samarinda (ANTARA) - Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo  meresmikan Gereja Katedral Samarinda Jl Jenderal Sudirman, Samarinda Kalimantan Timur, Selasa.

Peresmian gereja induk di Keuskupan Agung Samarinda ini diawali dengan pengguntingan pita oleh Nuncio Mgr Piero Pioppo dan Gubernur Kaltim Isran Noor di depan pintu utama gereja.

Gubernur Isran, Nuncio Mgr Piero Pioppo, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Uskup Agung Samarinda, Mgr Yustinus Harjosusanto MSF, Pastor Paroki Katedral Samarinda RD Moses Komela Avan berjalan kaki dari Korem 091/ASN menuju Katedral. Mereka diiringi tarian dayak.

Sembari berjalan, Nuncio Piero Pioppo tak sungkan melempar senyum sukacita kepada umat dan masyarakat yang telah menanti di pinggir jalan.

Tiba di gereja, para rombongan disambut gema paduan suara yang menyanyikan lagu Alleluya Handle. Nuncio Piero Pioppo tersenyum lepas.

"Proficiat, proficiat," kata Nuncio sembari menjabat tangan umat.

Kegiatan ini juga dihadiri sejumlah Uskup se-Indonesia, para rohaniwan dan pemuka agama di Kaltim, Wali Kota Samarinda Syaharie Ja'ang, dan Mantan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Pastor Paroki Katedral Santa Maria Penolong Abadi Samarinda, RD Moses Komela Avan mengaku bersyukur dengan tuntasnya pembangunan Gereja Katedral.

Menurutnya kehadiran gereja ini tak lepas dari dukungan Pemprov Kaltim melalui dana APBD untuk pembangunan Gereja Katedral.

Bangunan Katedral baru ini, menghabiskan dana senilai Rp.61.222.015.772 khusus untuk penyelesaian bangunan fisik. Dana tersebut terdiri dari bantuan APBD Pemprov Kaltim sebesar Rp.53.858.754.000.

"Kontribusi Pemprov Kaltim sekitar 87,97 persen dari total biaya pembangunan Katedral. Ini bantuan yang sangat besar. Mustahil kita bisa memiliki gereja ini jika tidak mendapatkan perhatian dari Pemprov. Terima kasih Pemprov Kaltim," kata Pastor Moses.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengaku turut bersyukur atas diresmikannya Gereja Katedral Santa Maria Penolong Abadi Samarinda.

"Kita pantas bersyukur peresmian dan pemberkatan Gereja Katedral Keuskupan Agung Samarinda. Dan langsung dihadiri oleh Duta Besar Vatikan yang Mulia Mgr Piero Pioppo," kata Isran Noor. ***3***

Pewarta: Arumanto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar