counter

Lima penyu belimbing bertelur di Raja Ampat

Lima penyu belimbing bertelur di Raja Ampat

Penyu belimbing yang mendarat untuk bertelur di Pantai Warebar Kampung Yenbekaki, Raja Ampat, Papua Barat. Ini merupakan penyu terbesar di dunia dan dia satu-satunya anggota famili Dermochelyidae yang masih hidup. Di dalam laut, dia bisa berenang dengan kecepatan sekitar 35 kilometer/jam. Wilayah hidupnya lintas samudera dunia. (ANTARA/Ernes Kakisina)

... 31 ekor penyu belimbing yang mendarat dan bertelur Pantai Warebar sepanjang 2018 menghasilkan sebanyak 3.706 telur. Dari 3.706 telur penyu belimbing itu, sebanyak 1.000 di antaranya rusak dan yang berhasil menetas sebanyak 2.706 menjadi tukik ya
Waisai (ANTARA) - Sebanyak lima penyu belimbing (Dermochelys coriacea) berukuran besar mendarat dan bertelur di Kampung Yenbekaki, Kabupaten Raja Ampat pada April 2019.
Ketua Kelompok Penggiat Konservasi Kampung Yenbekaki, Yusuf Mayor, di Waisai, Rabu, mengatakan, kawasan Pantai Warebar di Kampung Yenbekaki adalah tempat mendapat dan bertelur penyu belimbing sepanjang tahun.

Ia mengatakan, saat ini terdapat lima sarang penyu belimbing atau ada lima penyu belimbing mendarat dan bertelur di Pantai Warebar Kampung Yenbekaki pada April lalu.

Masyarakat Penggiat Koservasi Kampung Yenbekaki sedang menjaga sarang penyu belimbing di Pantai Warebar itu dari serangan predator, baik satwa liar maupun manusia. 

Setelah menetas menjadi tukik nanti, kata dia, masyarakat Penggiat Koservasi akan menangkarkan tukik penyu belimbing itu, paling lama dua minggu agar tukik benar-benar kuat dan dapat menghindar dari serangan predator.

Ia menjelaskan, sepanjang 2018 Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki melakukan aktivitas yang sama dan tercatat sebanyak 31 penyu belimbing betina mendarat dan bertelur di Kampung Yenbekaki.

"Kami mendata 31 ekor penyu belimbing yang mendarat dan bertelur Pantai Warebar sepanjang 2018 menghasilkan sebanyak 3.706 telur. Dari 3.706 telur penyu belimbing itu, sebanyak 1.000 di antaranya rusak dan yang berhasil menetas sebanyak 2.706 menjadi tukik yang dilepaskan ke laut," kata dia. 

Baca juga: Penyu belimbing bertelur di Air Hitam Bengkulu

Baca juga: Penyu Belimbing ditemukan di Pesisir Minahasa Tenggara

Baca juga: Penyu Belimbing Yamursbamedi Terancam Punah

Baca juga: Penyu raksasa Papua Barat terancam punah

Pewarta: Ernes Kakisina
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bupati Raja Ampat kutuk pembantai hiu

Komentar