... Pada 1959 Bung Karno dan 513 pakar dari berbagai bidang keahlian, dari seluruh Indonesia merumuskan suatu peta jalan pembangunan nasional untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Industri maju...
Jakarta (ANTARA) - Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) menyuarakan Trikarsa yang merupakan intisari dari ajaran Soekarno terkait cita-cita Indonesia menjadi negara industri maju demi tercapainya kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk kaum pekerja.

"Pada 1959 Bung Karno dan 513 pakar dari berbagai bidang keahlian, dari seluruh Indonesia merumuskan suatu peta jalan pembangunan nasional untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Industri maju," kata Ketua KRPI, Rieke Diah Pitaloka, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, dalam konteks menuju Indonesia menjadi negara industri maju, pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi prioritas utama.

Karena itu dia menilai dibutukan tenaga terampil dan tenaga ahli yang berkualitas merupakan salah satu prasyarat penting dalam pembangunan industri nasional.

Ia menjelaskan, isi Trikarsa KRPI seperti pertama, memperjuangkan dan dibumikannya ajaran Bung Karno, ideologi Pancasila 1 Juni 1945; kedua memperjuangkan Garis-Garis Besar Haluan Ideologi Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa, bernegara, serta menjadi pedoman dalam merumuskan dan menjalankan kebijakan pembangunan nasional.

Ketiga, memperjuangkan terwujudnya Indonesia sebagai negara industri maju yang berbasis riset dan inovasi nasional, dengan pekerja Indonesia sebagai subyek pembangunan nasional. Selain itu Rieke menegaskan bahwa KRPI menyatakan sikapnya untuk terus konsisten mendukung pemerintahan Jokowi karena dinilai sejalan dengan TriKarsa.

Baca juga: Polisi jaga perbatasan Tangerang dan pintu tol

Baca juga: 2.500 anggota Garda Metal jaga peringatan Hari Buruh

Baca juga: Ini rekayasa arus lalu-lintas Jakarta pas May Day 2019
 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019