Bank Indonesia Malang latih mahasiswa GenBI kembangkan potensi diri

Bank Indonesia Malang latih mahasiswa GenBI kembangkan potensi diri

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subkhan Aminurridho (ANTARA/Endang Sukarelawati)

Malang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang memberikan pelatihan bagi penerima beasiswa program generasi baru Indonesia (GenBI), untuk mengembangkan potensi diri agar memiliki kemampuan termasuk piawai dalam menulis.

Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Azka Subkhan Aminurridho di Malang, Rabu, mengemukakan mahasiswa penerima beasiswa dari BI dan kini tergabung dalam GenBI  itu mencapai 150 orang dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) di wilayah Malang.

"BI tidak hanya memberikan beasiswa berupa uang tunai, tapi BI juga berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka, di antaranya melatih menulis artikel, opini dan lainnya. Selain itu, BI juga melatih kemampuan bagaimana berbicara di hadapan publik," kata Azka.

Berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan kemampuan mahasiswa GenBI tersebut, dikemas dalam kegiatan capacity building, yakni kegiatan GenBI Korkom Malang Writing Skill and Public Speaking Workshops bertema Stay Classy and Get the Spotlight yang dilangsungkan pada Selasa (30/4).

Lebih lanjut, Azka mengatakan sebagai garda terdepan, GenBI diharapkan dapat menjadi agen komunikasi terhadap berbagai kebijakan dan program BI kepada masyarakat luas melalui berbagai media, seperti penulisan artikel opini di media massa, media sosial, maupun melalui kegiatan sharing langsung di berbagai forum, baik sebagai narasumber maupun peserta.

"Kemampuan menulis dan berbicara di depan umum sangat dibutuhkan terlebih ketika para anggota GenBI telah terjun ke dunia kerja. GenBI diharapkan memiliki kemampuan untuk mengungkapkan ide dan pendapat baik, secara tertulis maupun penyampaian secara langsung dalam berbagai forum," tuturnya.

Azka mengemukakan peserta pelatihan menulis dan berbicara di depan umum ini merupakan 150 mahasiswa penerima beasiswa BI yang berasal tiga universitas negeri yang ada di Malang, yakni Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Selain itu, juga ada perwakilan mahasiswa dari GenBI Jawa Timur, Kediri, dan Jember.

Generasi Baru Indonesia atau biasa disebut GenBI adalah wadah bagi para penerima beasiswa Bank Indonesia yang bertujuan membentuk karakter serta potensi dalam upaya memberikan kontribusi bagi negeri.

GenBI memiliki tiga peran, yaitu sebagai frontliners atau sebagai garda terdepan Bank Indonesia dalam mengkomunikasikan kelembagaan dan berbagai kebijakan BI kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum, sebagai agen perubahan yakni sebagai role model di kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

Baca juga: GenBI Banten hijaukan Desa Wisata Cikolelet Serang
Baca juga: BI tingkatkan kualitas SDM Sulut lewat GenBI
Baca juga: BI beri beasiswa bagi mahasiswa IAIN Palu pascatsunami


 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Upaya BI lahirkan santri mandiri

Komentar