Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo mengatakan, peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) dapat dijadikan momentum untuk mengingatkan pentingnya membangun hubungan industrial yang bermartabat dan memupuk hubungan harmonis antara pekerja, pengusaha dan pemerintah.

"Dengan adanya kemitraan antara dunia usaha dengan pekerja yang berjalan baik, sehat dan dinamis di satu sisi akan mendorong tumbuhnya dunia usaha," kata Sri Purnomo saat mengikuti jalan sehat tripartit memperingati Hari Buruh Internasional di Lapangan Pemda Sleman, Rabu.

Menurut dia, hubungan yang yang sehat dan dinamis antara pengusaha dan pekerja di satu sisi lain akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan pekerja.

"Sehingga hubungan yang baik antara pengusaha dan pekerja, serta pemerintah harus terus dipelihara," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Sri Purnomo menyambut gembira penyelenggaraan kegiatan jalan santai yang mengusung tema "Bersama Kita Tumbuh / Together We Grow" ini.

"Selain sebagai sarana untuk meningkatkan semangat kebersamaan antara pengusaha, pekerja dan pemerintah, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk memberi motivasi kepada masyarakat dalam menerapkan gaya hidup sehat," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo dalam kegiatan tersebut juga berkesempatan untuk mengikuti jalan sehat bersama seluruh peserta.

Peringatan Hari Buruh Internasional tahun 2019 juga menjadi rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi ke 103 Sleman, Pemerintah Kabupaten Sleman.

Kepala Disnaker Kabupaten Sleman Sutiasih mengatakan bahwa kegiatan jalan sehat, senam massal yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Sleman merupakan kerja sama Tripartit untuk menjadikan peringatan Hari Buruh Internasional sebagai momen kebersamaan antara Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah.

"Jadi pemerintah bersama dengan pekerja dan pengusaha sepakat untuk senantiasa menciptakan suasana aman, damai dan sejahtera. Jadi kita melakukan kegiatan yang positif seperti senam massal, jalan santai, donor darah dan ada pemberian doorprize juga," katanya.

Dalam kegiatan peringatan ini juga melibatkan langsung para pekerja ke dalam penanggungjawab kegiatan.

"Kegiatan tersebut kurang lebih diikuti sebanyak 5.289 orang dan jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 5.161 orang," katanya.

Baca juga: Menteri Ketenagakerjaan berpesan agar para buruh tetap optimistis
Baca juga: Peringati hari buruh, Lebak gelar jalan santai
Baca juga: Labor Institute tuntut peningkatan kapasitas buruh

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019