Jakarta (ANTARA) - Area Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu hingga pukul 12.30 WIB steril dari massa aksi massa di Hari Buruh Internasional atau May Day.

Berdasarkan pantauan Antara, kawasan steril nampak di area Jalan Medan Merdeka Barat yang menjadi jalan akses menuju Istana.

Kawasan Medan Merdeka Barat juga menjadi kawasan vital pemerintahan seperti Mahkamah Konstitusi, Kemenko Polhukam, Kemenko PMK, Kemenhub, Kementerian PPPA dan kantor penting lainnya.

Polisi berjaga-jaga di sepanjang area steril Medan Merdeka Barat. Terpantau pergerakan massa buruh tertahan di area Patung Kuda/ Arjuna.

Sesekali nampak kendaraan beridentitas polisi lalu lalang di area tersebut. Sementara itu pejalan kaki tetap dapat melewati kawasan itu meski aksi massa tidak diperbolehkan lewat.

Tidak ada kendaraan bermotor umum milik pribadi yang melintasi kawasan itu.

Dari kawasan Mahkamah Konstitusi terdengar orasi perwakilan buruh yang mendesak petugas keamanan mengizinkan massa buruh dapat melintas menuju Istana.

Adapun aksi buruh rencananya menuju Mahkamah Konstitusi dan Istana Merdeka untuk menyampaikan aspirasi mereka terutama terkait isu ketenagakerjaan dan kesejahteraan.

Baca juga: Buruh rayu polisi buka barikade untuk pawai ke Istana Presiden
Baca juga: Kelompok buruh "lobi" polisi untuk lintasi Bunderan HI
Baca juga: Massa aksi buruh belum bisa masuk kawasan Istana Merdeka

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019