Kendari (ANTARA) - Tim Basarnas bersama potensi SAR  berhasil menemukan sebanyak 12 orang pendaki Gunung Mekongga Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Rabu, dalam kondisi selamat.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, mengatakan 12 pendaki yang dicari telah ditemukan dalam keadaan selamat dalam perjalanan dari pos 7 menuju pos pendakian. Dari 12 pendaki tersebut, enam di antaranya perempuan dievakuasi terlebih dulu menuju posko utama.

Sebelumnya, pada Senin (29/4) pada pukul 08.45 wita pihak Basarnas menerima informasi dari Tahir yang merupakan anggota BPBD Kolaka bahwa pada pukul 03.36 wita telah terjadi musibah yang membahayakan jiwa manusia 15 orang pendaki gunung Mekongga Kab Kolaka Utara yang sedang melakukan ekspedisi Hutan Gunung Mekongga.

Para pendaki ini melakukan ekspedisi sejak 23 April 2019 dan mereka tersesat.

Selain itu dilaporkan satu orang Korban atas nama Cindi (18) mengalami hypotermia akibat kelelahan dan cuaca hujan yang berlangsung terus menerus beberapa hari ini di lokasi kejadian.

Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 08.55 wita Tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah atau TKM dengan menggunakan satu unit rescue car dengan membawa peralatan pendukung lainnya untuk memberikan bantuan SAR.

Jarak tempuh Pos Sar Kolaka menuju kaki gunung kurang lebih 60 km dengan perkiraan tiba pada pukul 12.10 wita

Daftar Korban yang sempat dalam pencarian yakni Sarifa (18), Ahmad mambulo (23), Asep sunardi (23), Irfan (24), Cindy (18), Samsul (22), Gunawan (23), David (27), Arul (19), Kharisma, Riska (19) dan Mahmudin (19).

Sedangkan tiga orang yang turun melapor yakni Nasrun (28), Aswanto (21) dan Iswan (20).

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Suparman
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019