"Ini adalah kegiatan positif, ketimbang harus menggelar aksi demo yang kadang dapat membuat jalan macet dan merugikan pihak lain," kata Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir.
Tangerang (ANTARA) - Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir mengapresiasi ribuan buruh di Kabupaten Tangerang menggelar lomba mancing ikan di danau buatan pusat pemerintahan di Tigaraksa dalam memperingati Hari Buruh Internasional.

"Ini adalah kegiatan positif, ketimbang harus menggelar aksi demo yang kadang dapat membuat jalan macet dan merugikan pihak lain," katanya di Tangerang, Rabu (1/5).

Tomsi mengatakan hal itu pada acara lomba memancing memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) tahun 2019 yang diikuti sekitar 5.000 buruh yang tergabung dalam serikat pekerja (SP) setempat.

Dalam acara tersebut panitia melepaskan ikan dengan berat 2,5 ton jenis ikan emas ke danau buatan dan memberikan hadiah utama lima sepeda motor.

Menurut dia, lomba memancing ini adalah upaya positif untuk menjalin silaturahmi dengan anggota dan mempererat komunikasi dengan pemerintah daerah.

Namun acara mancing bareng itu terselenggara bersama SP dengan Polresta Tangerang dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang.

Ia mengatakan petugas tidak melarang adanya buruh yang melakukan aksi demo tapi sebaiknya melalui perwakilan agar lalu lintas yang dilewati tidak macet.

"Banyak pihak yang dirugikan bila aksi demo sampai menutup jalan dan aktifitas ekonomi menjadi terganggu," kata perwira tinggi polisi bintang dua itu.

Pelaksanaan memancing bareng itu merupakan puncak rangkaian peringatan Hari Buruh 2019 di Kabupaten Tangerang yang sebelumnya menggelar lomba sepak bola, voli, catur, bulu tangkis dan donor darah.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang Ahmad Supriyadi, Dandim 0510 Tigaraksa Letkol Inf. Parada Warta Tampubolon dan Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang, Jarnaji.

Dia menambahkan peringatan hari buruh merupakan momentum untuk menghargai segala perjuangan kaum pekerja.

Bahkan buruh adalah salah satu pendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional, keberadaan buruh sangat vital agar roda perekonomian bisa stabil.

Pelaksanaan kegiatan tersebut karena adanya sifat kedewasaan dan kerja sama yang baik dari kalangan buruh dan berharap semakin sejahtera dan bersama-sama elemen lain dalam upaya pembangunan nasional.

 

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019