Medan (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Kota Medan menggelar pelatihan khusus bagi pelatih berbagai cabang olahraga agar lebih berkompeten dan menguasai metode kepelatihan yang akan diterapkan kepada pelatih binaannya.

Ketua Umum KONI Medan Eddy H Sibarani di Medan, Rabu, mengatakan, pelatihan tersebut merupakan program tahunan dalam upaya peningkatan prestasi olahraga kota itu serta bagian dari upaya mewujudkan visi dan misi menjadikan Medan Sebagai Kota Atlet.

"Apalagi kita sedang bersiap dan akan menghadapi berbagai arena multi event baik tingkat Sumut maupun regional pada 2019 ini seperti Porprovsu pada Juni dan Porwil Sumatera 2019 yang berlangsung November mendatang," katanya.

Pelatihan yang diikuti 100 pelatih utusan pengcab dan pengkot cabang olahraga tersebut pada intinya untuk lebih meningkatkan kemampuan para pelatih dalam dunia kepelatihan sesuai dengan cabang olahraga masing-masing.

Materi pelatihan antara lain juga mengevaluasi hasil test kesehatan dan fisik yang sudah digelar, juga untuk mempersiapkan program latihan intensif jelang Porprovsu bagi 14 cabang olahraga.

"Secara umum adalah dalam mempersiapkan atlet-atlet Kota Medan mengikuti event-event lain baik tingkat daerah, nasional maupun internasional, seperti di ajang Pra PON 2020," katanya.

Ia mengatakan, pelatihan untuk pelatih tersebut untuk tahun ini difokuskan bagi para pelatih dari 14 cabang olahraga yang dipersiapkan ke Porprovsu 2019, serta juga diikuti cabang lain di bawah naungan KONI Kota Medan.

"Atlet binaan KONI Medan saat ini ada beberapa tingkat. Ada yang dari hasil Porkot, dan juga dari hasil Porwilsu 2018 yang saat ini sedang dipersiapkan ke Porprovsu 2019 dan pelatihan ini digelar untuk atlet-atlet tersebut juga," katanya.

Pelatihan menghadirkan pembicara dari Jakarta yakni Halip Dalu Rahman Falah dengan materi Strategi Recovery Pertandingan, kemudian Dr Imran Ahmad MPd dengan materi Strength Anatomy dan Amansyah SPd, MPd dengan materi Latihan Fleksibilitas.

"Kita gembira karena para pelatih sangat bersemangat mengikuti acara dan memberi apresiasi atas terjalinnya kerja sama yang baik selama ini. Mereka juga berharap, dari hasil pendidikan dan pelatihan ini, keterpaduan antara unsur pelatih, atlet dan KONI Medan yang telah terjalin bisa semakin meningkat lagi," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019