Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa situasi keamanan nasional selama peringatan Hari Buruh di Indonesia, secara umum, kondusif.

"Situasi keamanan dalam rangka memperingati May Day di Indonesia dapat dikatakan sangat kondusif," kata Brigjen Dedi saat dihubungi, Jakarta, Rabu.

Pelaksanaan penyampaian aspirasi para buruh di berbagai daerah, menurut dia, berjalan tertib dan damai.

Kegiatan peringatan Hari Buruh tidak hanya diisi dengan penyampaian aspirasi buruh, namun juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial dan perlombaan.

"Di Jakarta ada delapan titik, kami pantau berjalan lancar, aman, tertib. Di Jawa Barat, dipusatkan di Karawang berlangsung kondusif. Di Banten, Jawa Tengah, Surabaya, Lampung, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan sejumlah daerah lain, kondusif," katanya.

Untuk menjaga situasi keamanan selama peringatan Hari Buruh 1 Mei 2019 di seluruh Indonesia, dikerahkan sebanyak 80 ribu personel gabungan TNI, Polri dan Satpol PP.

Dari jumlah tersebut, 30 ribu personel ditempatkan untuk menjaga Jakarta selama perayaan May Day.

Polri pun berterima kasih kepada para elemen buruh atas kerja sama yang baik dengan aparat untuk menjaga situasi tetap kondusif selama Hari Buruh. 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019