Jakarta (ANTARA) - Setelah Barcelona menang meyakinkan 3-0 atas Liverpool pada leg pertama semifinal Liga Champions, pelatih Ernesto Valverde justru menilai tempat timnya pada final kompetisi ini jauh dari kata aman.

Satu gol dari Luis Suarez dan dua gol dari Lionel Messi yang menciptakan gol ke-600 untuk Barcelona, mengantarkan klub provinsi Katalunya ini kepada kemenangan impian di depan 98.000 pendukung yang memadati Nou Camp kendati menghadapi perlawanan mengagumkan dari Liverpool.

Tetapi Valverde malah menunjuk tersingkir secara sensasional timya dari kompetisi ini tahun lalu waktu melawan AS Roma ketika sudah unggul 4-1 pada leg pertama sehingga Barcelona tidak akan menganggap enteng pertandingan tandang di Anfield, Selasa pekan depan.

"Kami memang tak akan ke sana (Anfield) dengan was-was tetapi pengalaman mesti jadi pertimbangan," kata Valverde yang tahun lalu harus menyaksikan timnya tersingkir dari kompetisi ini setelah kalah 0-3 di Roma.

"Kami menyaksikan bagaimana Liverpool mengendalikan permainan dan betapa cepat mereka bermain, dan kami tak boleh lupa bahwa kami tak boleh membiarkan rasa percaya diri berlebihan. Pertandingan ini masih terbuka dan kami belumlah lolos."

Liverpool mencetak tujuh gol pada dua pertandingan tandang terakhirnya dalam Liga Champions melawan Bayern Muenchen dan Porto. Dan meskipun tertinggal oleh gol Suarez, Liverpool telah menunjukkan ambis besar dalam menyerang.

Baca juga: Kata pelatih dan pemain Barca tentang si "ajaib" Messi

"Kami tak bisa bohong, memang selalu hasil yang bagus ketika Anda menang dan lawan anda tidak mencetak gol, tetapi kami tertekan, masih ada 90 menit lagi permainan dan ketika kami bisa menciptakan gol mereka juga bisa melakukan hal serupa," sambung Valverde seperti dikutip Reuters.

"Mereka lebih baik dibandingkan dengan kami untuk beberapa hal dan kami tahu apa yang menunggu kami di sana. Saya menyaksikan sebuah tim yang punya kemampuan untuk membuat tim mana pun tertekan. Tahun lalu kami punya keuntungan tiga gol dan kami tersisih. Kami memang berhasil mendapatkan hasil yang bagus tetapi pertandingan ini belum berakhir," kata Valverde

Gelandang Barca Arturo Vidal juga memperkirakan Liverpool akan mati-matian di Anfield.

"Kami tertekan sepanjang malam dan kami mengatasinya dengan bagus tetapi masih ada 90 menit lagi dan kami harus menuntaskan tugas di sana," kata gelandang asal Chile ini.

"Kami harus menaruh hormat tinggi-tinggi kepada Liverpool karena mereka tim besar dan kami sudah diyakinkan bahwa semuanya akan menjadi jauh lebih sulit di tempat mereka ketimbang malam ini (Kamis dini hari WIB tadi)."

Baca juga: Meski ditaklukkan Barcelona 3-0, Klopp: Liverpool sudah bermain bagus

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019