Jakarta (ANTARA) - Pameran "Earth Manual Project" asal Negeri Sakura yang pertama kali digelar di Kobe, Jepang, kini diboyong ke Dia.Lo.Gue, Kemang, Jakarta.

Japan Foundation dalam siaran pers, Kamis, mengatakan "Earth Manual Project- Disaster and Design: for Saving Lives" merupakan pameran tentang penerapan ide kreatif untuk mengatasi isu kebencanaan, mulai dari pendidikan siap siaga bencana hingga upaya merespons bencana.

"Pameran yang berasal dari Jepang ini juga meliputi proyek dan karya dari beberapa negara lain yang juga kerap mengalami bencana, seperti Indonesia, Thailand dan Filipina."

Berbagai karya yang dipamerkan ini dibuat setelah melalui riset serta wawancara mendalam dengan penyintas bencana ileh pakar kebencanaan, arsitektur, desainer dan seniman yang berkolaborasi.

Pameran ini bertujuan membagikan, menghubungkan dan jadi sarana belajar mengenai penerapan ide kreatif dalam kebencanaan.

Sebelum mampir ke Indonesia, pameran ini sudah diselenggarakan ke Filipina, Thailand dan Amerika Serikat.

Karya yang dipamerkan di antaranya "Emergency! Kaeru Caravan!", program pelatihan kebencanaan untuk keluarga yang populer di Jepang, kumpulan video animasi tentang menghadapi banjir hingga "Paper Partition System 4", sistem partisi dari tabung kertas dan kain yang bisa digunakan di tempat evakuasi untuk memberikan privasi bagi pengungsi.

Pameran yang akan dibuka pada 2 Mei ini akan berlangsung hingga 26 Mei 2019 dan dibuka untuk umum secara cuma-cuma.


Baca juga: Ada pameran baru, ini lima spot foto "Instagramable" di Museum MACAN

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019