Ouagadougou (ANTARA) - Kanselir Jerman Angela Merkel menjanjikan bantuan senilai jutaan euro kepada Burkina Faso dan empat negara lain Afrika Barat pada Rabu (1/5), guna membantu memerangi terorisme di kawasan tersebut sekaligus mendukung perkembangan ekonomi.

Saat mengawali kunjungan tiga hari ke kawasan itu, Merkel menjanjikan Burkina Faso lebih dari 20 juta euro. Ia mengatakan Jerman juga akan memberikan bantuan senilai 60 juta euro kepada negara lain kelompok G5 Sahel yakni Niger, Chad, Mali, dan Mauritania.

Pemerintah Barat, termasuk bekas kekuatan kolonial Prancis dan Amerika Serikat, dikejutkan oleh banyaknya kelompok garis keras terkait al Qaida dan ISIS di kawasan Sahel Afrika Barat.

Merkel, yang juga berencana menawarkan bantuan Jerman senilai 35 juta euro kepada Niger, bermaksud untuk menstimulus investasi swasta di kawasan itu dengan menggunakan dana tersebut.

"Afrika membutuhkan ekonomi mandiri," kata Merkel di hadapan wartawan di Burkina Faso, salah satu negara Afrika yang lebih miskin dengan produk domestik bruto kurang dari 1.000 dolar AS per orang per tahun.

Sumber: Reuters

Baca juga: ISIS akui bunuh 18 tentara di Afrika Barat
Baca juga: 157 orang tewas dalam serangan terhadap suku gembala Mali
Baca juga: Presiden Niger usul pembentukan pasukan antiteror Afrika barat



 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019