Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mulai merekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum 2019, Kamis.

Ketua KPU Kabupaten Batang Nur Tofan di Batang, Kamis, mengatakan bahwa rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan sudah dapat diselesaikan dengan lancar tanpa kendala apa pun.

"Rekapitulasi suara di tingkat 15 kecamatan dilaksanakan selama 3-4 hari, kecuali Kecamatan Batang yang memerlukan waktu hingga 9 hari karena sejumlah faktor," katanya.

Pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat KPU Kabupaten Batang, kata dia, KPU akan melakukan tahapan berikutnya yaitu rekapitulasi di tingkat KPU dan hasilnya untuk dilaporkan kepada KPU Jawa Tengah.

Ia menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih kepada semua pihak sehingga proses tahapan Pemilu 2019 berlangsung aman dan lancar.

"Hanya saja, kami berharap regulasi pemilu yang akan datang dapat disederhanakan mengingat tugas yang dilaksanakan petugas di tempat pemungutan suara (TPS) cukup berat sehingga menimbulkan korban jiwa," katanya.

Menurut dia, pada saat tahapan pencoblosan, ada seorang petugas keamanan dari unsur perlindungan masyarakat (linmas) meninggal dunia dan 31 orang di sejumlah TPS dan PPS mengalami sakit karena kelelahan," katanya.

Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Masyarakat KPU Batang Cipto Hartono mengatakan rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2019 akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu Kamis (2/5) hingga Jumat (3/5).

Rapat pleno terbuka ini, kata dia, diikuti 260 peserta terdiri atas unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Bawaslu, organisasi perangkat daerah (OPD), Panwascam, PPK, dan ketua partai politik (parpol).

"Adapun, proses tahapan Pemilu 2019 secara umum berjalan lancar dan aman, kecuali penyampaian laporan perolehan suara dari Kecamatan Batang yang sempat terlambat," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019