Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto bersama jajaran turun langsung untuk memeriksa lokasi kebakaran yang meludeskan Kantor Polres Lampung Selatan di Kalianda pada Kamis, sekitar pukul 11.30 WIB.

Irjen Purwadi Arianto yang didampingi Kapolres Lampung Selatan AKBP M Syahran bersama Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad dan jajaran mengecek satu demi satu ruangan yang telah hangus terbakar.

"Kondisi kebakaran mencapai 90 persen dan hampir menghanguskan seluruh ruangan," kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad, di Bandarlampung, Kamis.

Soal kerugian yang disebabkan kebakaran itu, Pandra belum bisa menafsirkan lantaran saat ini tengah dilakukan masa pendinginan pascakebakaran. Soal itu nanti akan dilakukan terlebih dahulu perincian dan audit.

"Nanti akan didata dulu oleh Kepala Biro Logistik Polda Lampung. Kita tidak bisa berandai-andai karena memang banyak berkas-berkas penting yang ludes terbakar dan saat ini masih dalam penilaian," katanya pula.

Pandra menambahkan pascakebakaran itu hampir semua berkas dokumen ludes terbakar seperti berkas di Reskrim, SKCK dan berkas lainnya. Selain berkas, juga ikut ludes terbakar seperti barang bukti kendaraan roda dua.

"Hampir semua berkas dokumen penting terbakar termasuk barang bukti juga terbakar," katanya.

Kantor Polres Lampung Selatan di Lampung terbakar pada Kamis sekitar pukul 11.30 WIB . Penyebab kebakaran tersebut diduga api berasal dari korsleting listrik yang berasal dari ruang seksi umum (Sium).

Api yang pertama kali membakar ruang Sium itu, saat kejadian posisi ruangan sedang terkunci. Tidak lama kemudian api terlihat membesar dan menyebar ke beberapa bangunan utama.

Dalam peristiwa itu, dua unit pemadam kebakaran dan satu water cannon diturunkan untuk memadamkan api tersebut. Personel kepolisian juga turut membantu memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

Dalam kejadian itu, para tahanan di Polres Lampung Selatan sebanyak 53 orang dari berbagai kasus telah dipindahkan sementara ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalianda, Lampung Selatan sampai proses renovasi bangunan Mapolres ini selesai.

Pewarta: Budisantoso B & Damiri
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019