Garut (ANTARA) - Komunitas pecinta kuliner Garut menggelar Festival Baso Aci atau makanan bakso dari bahan baku tepung pati yang akan berlangsung selama tiga hari di Pendopo Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Jumat (3/5) sampai Minggu (5/5).

"Festival Baso Aci itu akan dilaksanakan selama tiga hari menjelang bulan suci Ramadhan. Kegiatan itu untuk mendongkrak perekonomian usaha kecil menengah sekaligus mengusulkan julukan baru bagi Garut sebagai kota bakso aci," kata panitia penyelenggara Festival Baso Aci, Dhani saat jumpa pers di Garut, Kamis.

Festival tersebut, menurut Dhani, merupakan kegiatan pertama di Garut, bahkan sesuatu yang baru diselenggarakan di Indonesia sehingga akan menjadi daya tarik baru untuk menjadi agenda festival kuliner tahunan.

Dhani mengatakan festival itu bertujuan untuk mengenalkan bakso dari bahan baku tepung aci dan daging yang marak menjadi potensi usaha kuliner di Kabupaten Garut.

"Pedagang bakso aci di Garut banyak dan tersebar, bahkan sampai ke gang-gang. Itu menjadi hal menarik bahwa Garut tidak hanya sebagai kota dodol tapi juga bakso aci," katanya.

Dhani mengatakan festival tersebut akan menghadirkan lebih dari 38 pedagang bakso aci untuk dijajakan kepada pengunjung agar menikmati berbagai jenis bakso aci.

Baca juga: Teh dari kulit kopi Garut tembus pasar luar negeri

Panitia penyelenggara, lanjut Dhani, menyajikan tiga kategori penjual bakso aci yakni Kategori Legend atau sudah berjualan lama sampai bertahun-tahun, kemudian Kategori Unik yaitu bakso aci yang dibuat secara unik, dan Kategori Bakso Hits yaitu yang sering dicari atau digemari masyarakat.

"Festival Baso Aci ini diikuti beberapa penjual bakso aci ternama di Garut yang dibagi jadi tiga kategori yakni legend, unik, dan hits," katanya.

Dhani berharap jumlah produsen bakso aci di Garut yang melimpah akan menjadi potensi baru dan memiliki nilai jual sebagai wisata kuliner sehingga memberikan dampak positif untuk memajukan pelaku usaha di Garut.

Bakso aci di Garut, menurut Dhani, sudah terkenal ke berbagai daerah, seperti di Bandung dan Jakarta, bahkan sajiannya sudah dikemas lalu dikirim ke luar kota, termasuk ke luar negeri.

Pegiat Kuliner Garut Boby mengatakan jumlah penjual bakso aci di Garut mencapai 800 pedagang yang tersebar di beberapa kecamatan di Garut.

Baca juga: Garut gelar Festival Dodol Nusantara

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019