Jakarta (ANTARA) - Dua wakil Inggris yang berlaga di babak semifinal Liga Europa, Arsenal dan Chelsea, mengantongi hasil yang positif dalam laga pertama yang berlangsung pada Jumat dini hari WIB.

Arsenal tentu berada dalam di atas angin ketika mereka berhasil menundukkan tamunya, Valencia, dengan skor 3-1 di Emirates, London, Inggris.

Dwigol Alexandre Lacazette yang dilengkapi gol menit-menit akhir tandemnya Pierre-Emerick Aubameyang, sukses menguburkan keunggulan yang sempat diperoleh Valencia lewat Mouctar Diakhaby di awal laga.

Hasil itu menjadi modal yang sangat positif bagi tim besutan Unai Emery saat mereka bertandang ke Mestalla pekan depan untuk laga kedua.

Emery tinggal dua langkah lagi untuk membuktikan gelar sebagai pelatih spesialis Liga Europa bertuah bagi klub yang baru ditanganinya sejak musim panas lalu tersebut.

Namun, tentu saja, Valencia bukannya kehabisan peluang sama sekali. Mencetak dua gol sembari memaksa Arsenal mandul di Mestalla adalah salah satu cara bagi mereka untuk melaju ke final.
Bintang Chelsea Eden Hazard mengacungkan dua jempolnya ke tribun suporter timnya usai menahan imbang tuan rumah Eintracht Frankfurt dengan skor 1-1 dalam laga pertama semifinal Liga Europa di Stadion Commerzbank-Arena, Frankfurt, Jerman, Kamis (2/5/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Lee Smith)

Sementara Chelsea memang tak berhasil menang dalam lawatan ke Commerzbank-Arena, namun skor imbang 1-1 melawan Eintracht Frankfurt memiliki sisi positif tersendiri yakni modal gol tandang bagi tim besutan Maurizio Sarri tersebut.

Satu gol tandang dalam skor agregat sementara imbang itu jauh lebih baik ketimbang kompatriot mereka, Liverpool yang menelan kekalahan 0-3 di Camp Nou kemarin.

Eden Hazard dkk cuma butuh skor kacamata jika ingin lolos ke final, meski tentu saja sorak sorai publik Stamford Bridge dengan bendera plastik yang telah disiapkan panitia pertandingan bakal memberi motivasi lebih bagi Chelsea untuk meraih kemenangan atas Frankfurt.

Sebaliknya, Frankfurt bukannya tak pernah berada dalam posisi terjepit jelang laga kedua fase gugur.

Di putaran 16 besar mereka lebih dulu ditahan imbang nirgol di kandang oleh Inter Milan lantas sukses mempecundangi lawannya itu dengan skor 1-0 dalam laga kedua.

Sedangkan dalam perempat final, kisah Frankfurt lebih epik lagi, kalah dulu 2-4 di kandang Benfica sebelum mencetak dua gol tanpa balas saat menjamu lawannya itu di laga kedua.

Berikut jadwal dan hasil semifinal Liga Europa (tuan rumah disebut pertama):

Jadwal Jumat (3/5) dini hari WIB
Arsenal 3 - Valencia 1 (Alexandre Lacazette 18', 25', Pierre-Emerick Aubameyang 90+1'; Mouctar Diakhaby 11') Baca juga: Duet Lacazette-Aubameyang antar Arsenal tundukkan Valencia 3-1
Eintracht Frankfurt 1 - Chelsea 1 (Luka Jovic 23'; Pedro 45') Baca juga: Imbang 1-1 di markas Frankfurt, Chelsea petik modal gol tandang

Jadwal Jumat (10/5) dini hari WIB
Chelsea vs Eintracht Frankfurt
Valencia vs Arsenal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019