Kerja sama ini nantinya akan diimplementasikan dengan pertukaran staf akademik dan administrasi serta kunjungan timbal balik
Tanah Bumbu (ANTARA) - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Darul Azhar Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan menjalin kerja sama dengan MAHSA University, Malaysia, sebagai wahana saling mempromosikan keunggulan pendidikan berbasis praktik, penelitian, pengetahuan dan pertukaran mahasiswa.

Ketua Jurusan Farmasi Stikes Darul Azhar, Mahdi, di Batulicin, Jumat mengatakan, kerja sama ini disepakati oleh kedua belah pihak dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada 25 April 2019 di Surabaya pada Rakernas Asosiasi Pendidikan Diploma Farmasi Indonesia (APDFI).

"Kerja sama ini nantinya akan diimplementasikan dengan pertukaran staf akademik dan administrasi serta kunjungan timbal balik untuk mengejar penelitian dan kuliah, pertukaran mahasiswa dan program belajar di luar negeri serta peningkatan mutu lainnya untuk pengalaman mahasiswa," katanya.

Dalam isi MoU selain bentuk pertukaran pelajar atau mahasiswa hal tersebut juga disebutkan untuk mengidentifikasi peluang dalam melakukan penelitian serta pengembangan yang kolaboratif, dan mengidentifikasi peluang untuk mengadakan kuliah dan seminar dan mengatur simposium dan konferensi.

Yang paling penting dalam hal tersebut, katanya, adalah pertukaran informasi dan materi akademik.

Selain itu, mempromosikan kolaborasi di bidang yang menjadi minat bersama dalam melaksanakan pengembangan ilmu kesehatan yang lebih memadai.

Pertimbangan dilaksanakannya kerja sama MAHSA University Malaysia dengan Stikes Darul Azhar, kata dia, yakni Universitas MAHSA memiliki entitas yang terus berkembang, mengembangkan program baru, menciptakan jalur pendidikan lebih lanjut dan menggali kegiatan penelitian sehingga dapat menawarkan kepada calon mahasiswa prospektif.

Bahkan MAHSA University baru-baru ini memperluas pilihan program mereka yang ditawarkan dan sekarang menawarkan mata kuliah Bisnis, Akuntansi, dan Teknik, demikian Mahdi.

Baca juga: Indonesia-Malaysia kerja sama kembangkan pendidikan Islam

Baca juga: Indonesia-Malaysia dan Brunei berbagi informasi kedokteran

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019