Jakarta (ANTARA) - Buah markisa terkenal dengan kandungan nutrisi dan vitaminnya yang kaya, terutama bijinya yang sarat dengan vitamin A, vitamin C, serat makanan, magnesium, kalium, zat besi, riboflavin, karotenoid, asam nikotinat, dan flavonoid.

Markisa biasa diolah sebagai bahan dasar membuat minuman serta makanan penutup, namun ada baiknya mengonsumsi langsung bijinya meski asam karena bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme hingga merawat kulit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari biji markisa seperti dilansir Boldsky, Jumat.

1. Melawan penyakit kronis
Salah satu manfaat kesehatan utama yang ditawarkan oleh biji markisa adalah membantu mencegah timbulnya penyakit kronis. Seperti disebutkan sebelumnya, biji markisa kaya akan serat tidak larut yang dapat membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.

2. Mencegah penyakit degeneratif
Kaya akan antioksidan, biji buah eksotis ini membantu membatasi dampak penuaan. Biji markisa digunakan untuk pencegahan penyakit terkait usia seperti Alzheimer, Parkinson, demensia, dan radang sendi.

3. Meningkatkan metabolisme
Kandungan magnesium dalam biji markisa dapat membantu aktivitas metabolisme Anda. Berbagai macam mineral dan vitamin hadir dalam biji markisa yang akan membantu meningkatkan metabolisme karbohidrat. Artinya, mereka membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, sehingga mencegah penambahan lemak yang berlebihan.

4. Meningkatkan kekuatan tulang
Kandungan magnesium dalam biji markisa dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Magnesium memperkuat tulang Anda dan mencegah masalah yang berkaitan dengan usia seperti osteoporosis. Mengonsumsi biji markisa secara terkendali dapat memperbaiki tulang yang lemah dan rapuh.

5. Mengontrol sekresi sebum
Sebum adalah sekresi berminyak dari kelenjar sebaceous, yang terletak di kulit, telinga, kulit kepala, dan lainnya. Penumpukan sekresi berminyak dapat menyebabkan rambut berminyak dan kulit berminyak. Minyak esensial yang dihasilkan dari biji markisa membantu mengendalikan sebum dan melindungi kulit dari komedo, jerawat, dan wajah kusam.

6. Meningkatkan kualitas kulit
Biji markisa membantu memperbaiki kulit. Minyak atsiri yang ada dalam biji markisa membantu melembabkan kulit. Ekstrak biji markisa dapat digunakan untuk menghilangkan kulit kering. Demikian juga, vitamin A dan vitamin C yang ada dalam biji bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi menghilangkan garis-garis halus dan kerutan.

Selain itu, sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dari biji markisa membantu mengurangi jerawat dan mencegah bekas luka dan bintik hitam. Ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan kemerahan.

7. Mengembalikan kesehatan rambut
Kehadiran vitamin C dan kolagen dalam biji markisa membantu meningkatkan kualitas dan kesehatan rambut. Minyak yang diperoleh dari biji dapat digunakan untuk memberikan kilau alami pada rambut Anda dan mencegah kerusakan.

Biji markisa juga dikenal memiliki khasiat detoksifikasi, mencegah diabetes, anemia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengangkat suasan hati, menurunkan kolesterol jahat dan meredakan asma.

Baca juga: 8 manfaat lengkuas, dari cegah kanker hingga mengontrol asma

Baca juga: 7 manfaat durian untuk kesehatan

 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019