counter

Kemlu beri kesempatan 10 pemuda berprestasi kunjungi Amerika

Kemlu beri kesempatan 10 pemuda berprestasi kunjungi Amerika

Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI Azis Nurwahyudi (pertama kiri) memberikan informasi mengenai program Outstanding Youth For the World di Jakarta, Jumat (3/5/2019). (ANTARA News/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri RI memberi kesempatan kepada 10 anak muda berprestasi mengikuti program Outstanding Youth for the World (OYTW) selama tiga minggu di Amerika Serikat (AS).

Program ini diperuntukkan bagi pemuda-pemudi Indonesia berusia 18-25 tahun yang masih berstatus mahasiswa dan memiliki prestasi di tingkat nasional maupun internasional, untuk mempelajari lebih dalam hubungan Indonesia dan AS yang telah terjalin selama 70 tahun.

“Program ini akan memberi mereka pemahaman mengenai hubungan Indonesia dan AS. Karena itu, para peserta harus punya pengalaman tinggal di Amerika bersama keluarga-keluarga angkat di sana,” kata Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI Azis Nurwahyudi di Jakarta, Jumat.

Kesepuluh peserta terpilih akan mengikuti berbagai kegiatan program OYTW di AS pada 15 Oktober-1 November 2019, termasuk kunjungan ke KBRI Washington DC dan tempat-tempat bersejarah di Negeri Paman Sam.

Pendaftaran untuk mengikuti program ini masih dibuka hingga 10 Mei mendatang, sebelum dipilih 40 calon peserta untuk menjalani seleksi wawancara.

“Selain masih aktif berkuliah, calon peserta juga harus menulis sebuah esai mengenai keberlanjutan hubungan bilateral Indonesia dan AS. Jadi program ini memang diperuntukkan bagi calon-calon pemimpin masa depan,” ujar Azis.

Anak muda yang berminat mengikuti program pertukaran ke AS ini dapat mendaftar melalui tautan dalam laman www.kemlu.go.id.

Program OYTW yang sebelumnya bernama Outstanding Students for the World (OSTW), diperuntukkan bagi generasi muda Indonesia berprestasi untuk dapat berperan dalam mendukung kegiatan promosi dan peningkatan citra Indonesia di luar negeri.

Program kunjungan ke luar negeri peserta OSTW telah enam kali diselenggarakan, yaitu, ke Amerika Serikat (2011), Jepang (2012), Inggris (2013), Kanada (2014), Hong Kong (2016), India (2017), dan Australia (2018). Hingga tahun 2018, alumni program tersebut telah berjumlah 114 orang.

Baca juga: Kemlu RI-AS adakan program Indonesia-USA7Oth Youth Ambassadors

Baca juga: Amerika Serikat apresiasi pelaksanaan Pemilu Indonesia 2019

Baca juga: AS dukung sentralitas ASEAN kembangkan kerja sama Indo-Pasifik


Warga Cilegon serahkan seekor buaya ke BKSDA

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar