Pemkab Dairi berkomitmen kembalikan kejayaan Kopi Sidikalang

Pemkab Dairi berkomitmen kembalikan kejayaan Kopi Sidikalang

Kopi (Antara Sumut/ist)

Saya berharap Sertifikat Indikasi Geografis kopi khususnya Robusta kabupaten Dairi bisa segera terwujud. Dengan demikian kami harapkan kejayaan Kopi Sidikalang dapat kembali kita angkat
Dairi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, berkomitmen akan mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang yang merupakan bagian dari upaya mensejahterakan masyarakat daerah itu yang mayoritas menggeluti sektor pertanian.

Komitmen mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang tersebut disampaikan Bupati Dairi Eddy KA Berutu saat menerima tim ahli Indikasi Geografis (IG) Kementerian Hukum dan HAM di kantor bupati di Sidikalang, Jumat.

"Saya berharap Sertifikat Indikasi Geografis kopi khususnya Robusta kabupaten Dairi bisa segera terwujud. Dengan demikian kami harapkan kejayaan Kopi Sidikalang dapat kembali kita angkat ," katanya.

Dengan adanya sertifikasi tersebut, ia yakin akan membuka pasar yang lebih luas sehingga akan mendorong hadirnya investasi dan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti peningkatan kapasitas para pelaku kopi dari hulu hingga hilir.

"Artinya sampai pada tingkat pemasaran produk olahannya," katanya.

Sementara Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dairi, Rahmatsyah Munthe, mengatakan pihaknya menyambut baik kehadiran tim ahli Indikasi Geografis (IG) Kementerian Hukum dan HAM.

"Kita sama-sama berdoa, semua kalangan mendukung baik pengusaha, petani dan penggiat dari hulu ke hilir, sertifikasi produk kopi Robusta akan kita peroleh," katanya.

Penggiat Kopi khusus produk kopi Robusta, H.Sabilal Rajad Maha menyambut baik komitmen Bupati Dairi untuk mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang.

"Kami mendukung program dan komitmen bupati supaya usulan sertifikasi kita terkabul," katanya.

​​​

Pewarta: Juraidi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar