Ambon (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi Maluku mengimbau masyarakat di daerah ini agar menghormati umat Islam yang akan menunaikan ibadah puasa 1440 Hijriah.

"Beberapa hari lagi umat Islam memasuki bulan penuh berkah, kemuliaan, rahmat dan ampunan sehingga perlu saling menghormati," kata Ketua MUI provinsi Maluku, Abdullah Latuapo, di Ambon, Jumat.

MUI Maluku mengimbau enam pesan yakni masyarakat Maluku hendaknya menghormati bulan suci Ramadhan sebagai layaknya penghormatan kita terhadap umat yang sedang menjalani ibadah puasanya. "Marilah kita membudayakan sikap toleransi sebagai orang basudara (saudara)," ujarnya.

Kedua, dalam bulan suci Ramadhan, marilah kita memanfaatkan dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Ketiga, Ramadhan adalah bulan suci ampunan dan saling memaafkan. Marilah kita menggunakan kesempatan di bulan ini untuk memohon magfirah dan bertobat kepada Allah SWT atas segala dosa yang kita lakukan.

Selain itu, marilah kita saling berlapang dada antarsesama, atas segala kekhilafan yang pernah terjadi, baik disengaja maupun tidak, akhiri segala perseteruan dan silang sengketa di bulan yang penuh ampunan ini.

Keempat, di bulan suci Ramadhan, peran media massa, baik cetak maupun elektronik sangat penting. Oleh sebab itu, segala bentuk informasi atau berita maupun tayangan yang dapat membentuk opini publik hendaknya diselaraskan dengan kemuliaan dan kesucian bulan suci Ramadhan.

Kelima, MUI Maluku meminta aparat keamanan untuk bersikap tegas dalam mewujudkan ketertiban dan rasa aman masyarakat selama bulan suci Ramadhan.

Oleh karena itu segala bentuk penggangu dan penggoda suasana ibadah Ramadhan seperti, rumah mesum atau tempat-tempat lokalisasi, karaoke atau tempat biliard, dan rumah hiburan yang seronok, supaya ditutup. Demikian pula segala bentuk perjudian dan penjualan minuman keras agar dihentikan.

Keenam¸ Mui mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, semoga Allah SWT menerima amal ibadah dan mengampuni segala dosa.

"MUI Maluku nengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga Allah SWT memberkati umat Islam yang menunaikan bulan suci Ramadhan dan basudara lain mendukung dengan memelihara jalinan silaturahim sebagai warisan leluhur," kata Abdullah.*


Baca juga: MUI Maluku ajak masyarakat tunggu putusan KPU

Baca juga: Tradisi Polri jaga rumah ibadah, dinilai positif




 

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019