Balikpapan (ANTARA) - Perseroan Terbatas Angkasa Pura I menyediakan 600 tiket kapal laut Balikpapan-Surabaya gratis untuk keberangkatan pada tanggal 30 Mei 2019.

“Ini program mudik menyambut IdulfFitri 1440 Hijriah, sebagai kepedulian BUMN kepada masyarakat,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha di Balikpapan, Jumat.

Angkasa Pura I adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurusi sejumlah bandar udara di Indonesia bagian tengah dan Indonesia timur.

Tidak hanya itu, menurut GM Farid, para peserta mudik juga akan diasuransikan, bahkan pada perjalanan nanti diberi bekal obat-obatan, topi, dan kaus.

Farid juga berharap program dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin pulang kampung namun tidak memiliki ongkos yang cukup. Ikut program mudik ini setidaknya biaya separuh jalan sudah dihemat, atau pemudik hanya menanggung biaya kembali ke Balikpapan.

Pendaftaran untuk ikut mudik gratis ini mulai 6 Mei mendatang hingga 17 Mei 2019, atau sampai kuota 600 pemudik tercapai. Syarat pendaftaran adalah fotokopi KTP elektronik dan kartu keluarga (KK) dengan memperlihatkan KK yang asli. Untuk anak di bawah 17 tahun, dapat menggunakan akta kelahiran.

Tempat pendaftaran ada di Atrium Kedatangan Bandara Sepinggan. Pendaftaran buka mulai Senin sampai Jumat pukul 09.00 s.d. 15.00.

Selain Angkasa Pura, sejumlah BUMN lain yang juga menyelenggarakan mudik gratis ini, antara lain, Telkomsel yang menggunakan transportasi darat, yaitu bus, dengan tujuan Banjarmasin.

“Kalau ada mudik gratis ini setiap tahun, saya bisa merencanakan jauh-jauh hari,” kata Wawan, buruh perkebunan kelapa sawit di Muara Wahau, Kutai Timur.

Meski demikian, Wawan tidak yakin bisa datang ke Balikpapan untuk mendaftar langsung ke Bandara.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019