...kalau dibutuhkan bisa kami tambah kapasitas totalnya
Surabaya (ANTARA) - Pertamina melakukan uji operasi SPBU 51.611.41 yang berada di ruas Tol Trans Jawa arah Surabaya-Ngawi atau KM 725A (Mojokerto-Surabaya), tepatnya di sisi arah menuju Surabaya dan menyediakan produk Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Unit Manager Communication & CSR MOR V, Rustam Aji di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, mengatakan uji operasi ini untuk menyambut Ramadhan serta arus mudik Lebaran di Tol Trans Jawa, khususnya Mojokerto-Surabaya, dengan kapasitas total SPBU sebesar 420 kilo liter, atau minimal 60 kilo liter per produk.

"Kami masih melihat dulu perkembangannya, kalau dibutuhkan bisa kami tambah kapasitas totalnya," tutur Rustam kepada wartawan.

SPBU baru itu menempati lahan seluas 2.000 meter persegi yang dibangun sejak Januari 2019 dan dioperasikan PT Pertamina Retail, anak usaha Pertamina.

Rustam menargetkan pada minggu pertama Ramadhan, satu lagi SPBU reguler di ruas tol yang sama akan diuji operasi.

"SPBU 51.632.21di rest area ruas Tol Trans Jawa KM 575B (Madiun-Ngawi), di jalur arah keluar Surabaya, ditargetkan juga bisa mulai operasi di minggu pertama Mei 2019, " katanya.

Lokasinya, yakni SPBU di Desa Ngela Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi atau berada di area seluas 2.000 meter persegi.

"Saat ini SPBU disiapkan untuk melayani penjualan produk Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex, dengan kapasitas tangki timbun total 434 kilo liter," kata Rustam.

Menurut dia, pada masa Ramadhan dan Idul Fitri 2019, khususnya pada masa arus mudik dan balik, Pertamina lebih memberi perhatian pada ketersediaan BBM khususnya bensin di jalur mudik tol menyusul mulai beroperasinya Tol Trans-Jawa dari Merak, Banten, hingga Pasuruan, Jawa Timur.

Berdasarkan data konsumsi normal harian BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) di Jawa Timur sebesar 12.900 kilo liter per hari, sedangkan untuk gasoil (Biosolar, Dexlite serta Pertamina Dex) berada pada kisaran volume 5.900 kilo liter perhari.

Untuk Ramadhan dan Lebaran, Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi di  Jawa Timur sebesar 12 persen untuk produk gasoline, sementara produk Gasoil mengalami penurunan konsumsi sekitar delapan persen.

Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada Rabu 29 Mei 2019 dan Jumat 31 Mei 2019, sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada hari Sabtu-Minggu tanggal 8-9 Juni 2019 dan puncak berikutnya pada 15-16 Juni 2019.

"Untuk memberi kenyamanan para pengendara yang melalui jalur tol, kami juga menyiapkan delapan SPBU di jalur tol sepanjang Surabaya - Ngawi. Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga disiapkan delapan SPBU. SPBU tersebut ada yang berupa SPBU reguler maupun SPBU modular, menyesuaikan ketersediaan lahan di rest area," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019