counter

Laporan dari Beijing

Sup pangsit jadi suguhan utama Hari Kartini di Beijing

Sup pangsit jadi suguhan utama Hari Kartini di  Beijing

Peringatan Hari Kartini di halaman Wisma Duta KBRI Beijing. (M. Irfan Ilmie)

Beijing (ANTARA) - Sup pangsit khas Jepara, Jawa Tengah, menjadi suguhan utama dalam peringatan Hari Kartini di halaman Wisma Duta KBRI Beijing, China, Sabtu.

Konon, sup yang satu ini merupakan makanan kegemaran Raden Ajeng Kartini di Jepara, kota kelahirannya itu.

Sup pangsit yang disuguhkan kepada para tamu undangan itu merupakan racikan khusus Sih Elsiwi Handayani Oratmangun, istri Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun.

Peringatan Hari Kartini di Beijing memang baru digelar karena pada 21 April 2019, jajaran staf KBRI Beijing sedang sibuk setelah rangkaian pelaksanaan pemilihan umum dan persiapan kunjungan kenegaraan Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla ke Ibu Kota China itu.

Meskipun demikian, peringatan Hari Kartini tetap semarak dengan dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Indonesia, para pelajar, pekerja asing, dan pengusaha.

Sih Elsiwi yang juga Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Beijing mengatakan bahwa peringatan Hari Kartini merupakan peristiwa penting akan penegasan kembali pengakuan dan penghormatan terhadap harkat, martabat, dan peranan kaum perempuan.

"Termasuk pengakuan dan penghargaan terhadap jasa-jasa kaum perempuan secara menyeluruh, sebagai ibu, istri, warga negara Indonesia, dan pejuang," ujarnya menambahkan.

Peringatan Hari Kartini itu juga diwarnai dengan penampilan tari-tarian, pembacaan puisi, dialog dengan perwakilan masyarakat Indonesia terkait makna peringatan Hari Kartini dalam kehidupan masyarakat serta menyanyikan bersama lagu Ibu Kita Kartini dan lagu nasional lainnya. 

Menkeu Beri Tukin Penuh untuk Wanita Cuti Hamil

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar