Bandarlampung (ANTARA) - Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dari pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin hasil penghitungan akhir perolehan suara Pilpres 2019 di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung.

"Alhamdulillah, kami sudah selesaikan semua hasil penghitungan suara Sabtu (4/5) malam, paslon 02 unggul di sini," kata Komisioner KPU Bandarlampung Fery Triatmojo, di Bandarlampung, Minggu.

Ia menyebutkan bahwa capres-cawapres nomor urut 02 mendapatkan suara sebanyak 296.741 (53,331 persen), sedangkan capres-cawapres 01 mendapatkan suara 259.674 (46,669 persen) dengan jumlah surat suara sah 556.415 dan jumlah suara tidak sah mencapai 9.048 suara.

Dia mengatakan selama proses rekapitulasi penghitungan suara tidak ada kendala yang signifikan, sehingga membuat penghitungan menjadi lama.

"Secara keseluruhan tidak ada masalah, karena masalah-masalah telah diselesaikan pada tingkat kelurahan dan kecamatan jadi setelah sampai di sini harusnya memang sudah tidak ada problem," kata dia lagi.

Hanya saja, menurutnya lagi, mungkin keterlambatan penghitungan suara pada satu PPK kemarin yang sedikit membuat molor satu hari, namun itu juga sudah atas persetujuan semua saksi yang ada.

Ia juga mengapresiasi para saksi yang hadir baik mewakili partai, calon presiden-cawapres dan caleg selama penghitungan suara dilakukan selalu dalam keadaan kondusif dan menerima hasilnya dengan legowo.

"Setelah selesai hasil rekap Sabtu malam semua kotak suara hasil rekapitulasi penghitungan langsung dikirimkan ke KPU Provinsi Lampung," kata dia pula.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019