Bambang Santoso berpeluang tempati peringkat 4 calon DPD dari Bali

Bambang Santoso berpeluang tempati peringkat 4 calon DPD dari Bali

Ilustrasi - Calon anggota DPD dari Bali dan pimpinan parpol saat menyampaikan deklarasi pada Pembukaan Masa Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019 di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar, beberapa waktu lalu (Antaranews Bali/Ni Luh Rhisma/lhs/2019)

Denpasar (ANTARA) - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bali Haji Bambang Santoso berpeluang menempati peringkat keempat calon anggota DPD dari Bali yang lolos ke Senayan berdasarkan hasil perhitungan sementara rekapitulasi 56 kecamatan di Pulau Dewata.

"Yang kami sampaikan ini data sementara, karena sudah ada data rekap dari kabupaten/kota yang diplenokan tanggal 5 dan 6 Mei besok. Kami semua jajaran komisioner dan staf juga melakukan monitoring rekapitulasi ke kabupaten/kota," kata Ketua KPU Bali I Dewa Gede Agung Lidartawan, di Denpasar, Minggu.

Dari data yang dihimpun KPU Bali berdasarkan data sementara rekapitulasi 56 kecamatan (total ada 57 kecamatan di Bali), empat calon senator hasil Pemilu 2019 dengan perolehan suara terbesar yakni senator petahana IGN Arya Wedakarna (728.516 suara), mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika (264.845), mantan Bupati Badung Anak Agung Gde Agung (227.439) dan di posisi keempat Haji Bambang Santoso (126.015).

Dari beberapa kali data rekapitulasi di kecamatan yang dihimpun KPU Bali (rekapitulasi 33 kecamatan, 49 kecamatan dan 53 kecamatan), untuk perolehan suara terbanyak 1 hingga 3, memang sudah jauh meninggalkan pesaingnya.

Sedangkan untuk posisi keempat, sebelumnya sempat kejar-kejaran dengan perolehan suara mantan senator I Nengah Wiratha, Gede Ngurah Ambara Putra, dan H Bambang Santoso.

Dari hasil rekapitulasi di 56 kecamatan, I Nengah Wiratha dengan perolehan 106.455 suara, Gede Ngurah Ambara Putra (117.857suara) dan H Bambang Santoso (126.015 suara).

Sementara itu, anggota KPU Bali Divisi Sosialisasi Gede John Darmawan menambahkan, data dari satu kecamatan yang belum dimasukkan dari data yang dirilis yakni dari Kecamatan Tegalalang, Kabupaten

"Perlu kami sampaikan bahwa hasil yang kami sampaikan ini adalah hasil sementara sebagai bentuk transparansi kepada publik terkait perolehan suara. Hasil ini bukan sebagai bentuk hasil resmi KPU karena hasil resminya adalah rekapitulasi secara berjenjang yang dilakukan penyelenggara pemilu di tiap tingkatan," ucapnya.

Ketika ditanya terkait perkembangan perolehan suara dari satu kecamatan yang tersisa yakni Kecamatan Tegalalang yang belum masuk, jajaran KPU Bali terkesan enggan menyampaikan.

John justru memberikan respons bahwa data yang akan disampaikan kemudian adalah hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota.

Di sisi lain, KPU Bali juga merilis data sementara (56 kecamatan) untuk perolehan suara Capres-Cawapres Jokowi-Amin sebanyak 2.315.510 (92 persen) dan pasangan Prabowo-Sandi mengumpulkan 212.019 suara (8 persen).

Adapun lima besar perolehan suara partai untuk DPR RI yakni PDI Perjuangan (1.232.291), Partai Golongan Karya (378.492), Partai Demokrat (118.112), Partai Gerindra (108.566) dan Partai Nasdem (101.892).

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KPU laporkan hasil pelaksanaan Pemilu 2019 kepada Presiden Jokowi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar