Jakarta (ANTARA) - Pemain bulu tangkis tunggal putra dan putri PB Jaya Raya sukses mengawinkan gelar juara untuk kategori U-17 pada turnamen Jaya Raya Yonex Sunrise Grand Prix (GP) 2019 di GOR PB Jaya Raya, Tangerang Selatan, Banten, Minggu.

Untuk tunggal putri ada nama Tasya Farahnailah yang sukses menjadi yang terbaik setelah di final mengalahkan atlet asal Hongkong, Cheng Sin Yan Happy Serena dengan skor 21-13, 21-17. Hasil ini menjadi spesial karena tahun lalu Tasya hanya sampai semifinal.

"Gim kedua cukup sulit, saling kejar mengejar. Soalnya pas diakhir-akhir itu inginya cepat-cepat selesai, tinggal dikit lagi. Alhamdulillah bisa menang,” jelas pebulu tangkis kelahiran 2004 itu dalam keterangan resminya.

Meski juara, Tasya tetap mendapatkan evaluasi dari pelatih. Menurut Taufiq Hidayat Akbar salah satu kekurangan anak asuhnya adalah dalam hal pukulannya.

“Alhamdulillah penampilannya di final sudah bagus. Namun tadi dia sempat menurun, terutama di serangan-serangannya. Dia harus meningkatkan fisik dan powernya,” katanya.

Di tunggal putra, pemain PB Jaya Raya yang sukses menjadi yang terbaik adalah Muhammad Sultan Nurhabibu Mayang setelah pada partai puncak mengalahkan wakil Malaysia Justin Hoh Shou Wei dengan skor 21-14, 23-21.

Bukan perkara mudah bagi Sultan untuk dapat meraih kemenangan tersebut. Sebab Justin mampu memberikan perlawanan yang cukup sengit pada gim kedua. Dia mampu membuat Sultan kewalahan dengan bermain poin secara deuce.

“Kesulitan di poin akhir, soalnya dia mampu keluar dari strategi saya. Sebaliknya saya justru terbawa oleh strategi dia di akhir gim kedua. Saya harus tingkatkan fokus dan pola permainan saya,” katanya.

Selain kedua pebulu tangkis   tersebut, wakil PB Jaya Raya di nomor ganda putra U-15, Jonathan Farel Gosall/Adrian Pratama juga mampu mendulang hasil yang sama. Jonathan/Adrian meraih kemenangan atas sesama wakil Indonesia, Muhammad Al Farizi/Yuke Gamereza Radjasa dengan skor 21-17, 23-21.

Hasil sama juga diraih pasangan ganda putri U-15, Alya Ardelia/Ariella Naqiyyah. Pasangan asal PB Jaya Raya ini sukses mengalungkan medali emas usai menundukkan Intan Nabila Kusuma/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu melalui tiga gim dengan skor 15-21, 21-17, 21-12.

Selain pebulu tangkis tersebut, ada lima wakil Indonesia lainnya yang berhasil meraih medali emas pada masing-masing nomor yang dipertandingkan. Mereka adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra U-19), Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil (ganda campuran U-19), Rahmat Hidayat/Febi Setianingrum (ganda campuran U-17), Alwi Farhan (tunggal putra U-15), dan Shiva Nabila Putri/Vijayanda Bintang Racketa (ganda putri U-17).

Adapun pebulu tangkis asing yang berhasil meraih medali emas di antaranya adalah, Dai Wang asal Cina (tunggal putri U-19), Li Yunze asal Cina (tunggal putra U-19), Lin Fangling/Zhou Xinru asal Cina (ganda putri U19), Pitchamon Opatniput asal Thailand (tunggal putri U-15), dan Pyeong Kang Choi/Yong Jin asal Korea Selatan (ganda putra U-17).

Baca juga: Rudi Hartono harapkan pemain tunggal juara di Jaya Raya Junior GP

Baca juga: Atlet 13 negara berebut juara di turnamen Pembangunan Jaya Raya 2019

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019