Kupang (ANTARA) - Sejumlah unsur pimpinan partai politik di Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menilai pelaksanaan pleno penghitungan suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) berlangsung dengan sangat transparan.

"Kami merasakan pelaksanaan pleno PPK untuk Pemilu kali ini khususnya di Ngada berjalan sangat baik, semuanya sangat transparan," kata Wakil Sekretaris II, DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Kabupaten Ngada, Ignasius Ngiso di Kupang, Senin.

Ia mengatakan, dirinya yang juga merangkap sebagai operator teknologi informasi partai yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan Pemilu 2019 di daerah itu mengaku telah mencermati seluruh tahapan yang berlangsung.

Menurutnya, hingga tahapan pleno perhitungan suara di tingkat kecamatan di daerah itu sudah berjalan sangat demokratis dan adil.

"Kami melihat tidak ada kecurangan sehingga tentunya kami mengapresiasi dan berterima kasih penyelenggara maupun kepada warga Ngada yang ikut memilih partai dan kandidat baik Pilpres maupun Pileg dalam Pemilu ini," katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kabupaten Ngada, Syrilus Patiwuli, mengaku terlibat langsung dalam pelaksanaan pleno tingkat PPK di daerah setempat.

"Hasil pantauan kami bahwa pleno kecamatan di Ngada sudah berjalan sangat transparan, adil, dan sangat demokratis," katanya.

Menurutnya, ada dinamika yang terjadi dalam pleno namun sudah diselesaikan bersama secara adil antara pihak panitia pengawas kecamatan (Panwascam), PPK, dan para saksi.

Pihaknya mengapresiasi keterlibatan berbagai elemen masyarakat di daerah itu untuk menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan di daerah setempat.

"Dukungan berbagai pihak membuat Pemilu berjalan lancar, tinggal saja kita sama-sama menunggu perhitungan suara di tingkat selanjutnya hingga penetapan hasil di tingkat pusat," katanya.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019