KPU Bali jadwalkan pleno rekapitulasi 8 Mei

KPU Bali jadwalkan pleno rekapitulasi 8 Mei

Anggota KPU Bali Divisi Sosialisasi I Gede John Darmawan di Denpasar (Antaranews Bali/Ni Luh Rhisma/lhs/2019)

Denpasar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali menjadwalkan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu Tahun 2019 untuk tingkat provinsi akan dilaksanakan pada 8-9 Mei 2019.

"Kami jadwalkan tanggal 8 dan 9, tetapi mudah-mudahan kami bisa selesaikan satu hari. Rencananya kami akan melaksanakan pleno di Prime Plaza Hotel, Sanur, Denpasar, " kata anggota KPU Provinsi Bali Divisi Sosialisasi I Gede John Darmawan, di Denpasar, Senin,

Pada rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi Bali tersebut, lanjut John, rencananya akan dihadiri sekitar 200 undangan yang berasal dari kalangan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali, Bawaslu Bali, saksi masing-masing parpol peserta pemilu dua orang, tim penghubung calon anggota DPD, jajaran KPU dan Bawaslu kabupaten/kota, kalangan media, dan undangan lainnya.

"Hari ini kami proses pra-rekap dari empat KPU kabupaten yang sudah menyelesaikan plenonya pada Minggu (5/5) yakni dari Bangli, Klungkung, Karangasem dan Tabanan. Seharusnya dari Buleleng juga, namun kemarin prosesnya harus diskorsing karena sudah terlalu malam dan pleno dilanjutkan hari ini," ucap John.

Setelah itu pada Selasa (7/5), baru pihak KPU Bali akan melanjutkan pra-rekap dari kabupaten/kota sisanya yang pada Senin (6/5) ini melaksanakan rapat pleno tingkat kabupaten/kota yakni Kota Denpasar, Badung, Jembrana, dan Gianyar. "Sehingga tanggal 8 Mei kami siap rekapitulasi di tingkat provinsi," ujar mantan Ketua KPU Kota Denpasar.

Sebelumnya berdasarkan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan dari 57 kecamatan di Pulau Dewata yang dihimpun KPU Bali, hasil rekapitulasi perolehan suara sementara DPR RI untuk partai politik di posisi pertama PDI Perjuangan (1.257.590), selanjutnya untuk perolehan lima besar suara parpol diantaranya Partai Golkar (382.579), Demokrat (118.826), Gerindra (109.598), dan Partai Nasdem (102.296).

Untuk rekapitulasi perolehan suara Pemilu Presiden, pasangan Jokowi-Amin mendapatkan 2.351.058 suara (92 persen) dan pasangan Prabowo-Sandi mengantongi 213.414 suara (8 persen).

Sedangkan empat calon anggota DPD RI dengan perolehan suara terbanyak yakni calon petahana I Gusti Ngurah Arya Wedakarna dengan perolehan suara 742.781. Kemudian tiga wajah baru yang akan melenggang ke Senayan yakni mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika (269.790), mantan Bupati Badung Anak Agung Gde Agung (229.675), dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Bali Haji Bambang Santoso (126.100).

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar