Jakarta (ANTARA) - Survei Konsumen Bank Indonesia pada April 2019 mengindikasikan optimisme konsumen meningkat yang tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2019 sebesar 128,1 yang lebih tinggi dibandingkan 124,5 pada bulan sebelumnya.

Optimisme konsumen yang meningkat itu didorong oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, kata Departemen Komunikasi Bank Indonesia dalam info terbarunya di Jakarta, Senin.

Dijelaskan, Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) meningkat terutama ditopang oleh meningkatnya ekspektasi kegiatan dunia usaha enam bulan mendatang.

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) juga meningkat didukung oleh membaiknya persepsi terhadap penghasilan saat ini dan keyakinan untuk membeli barang tahan lama.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga diperkirakan menurun dalam tiga bulan mendatang (Juli 2019), terutama dipengaruhi oleh kembali normalnya permintaan barang dan jasa seiring berlalunya periode Hari Raya Idul Fitri.

Selanjutnya, tekanan harga juga diperkirakan menurun dalam enam bulan mendatang (Oktober 2019) didukung oleh persepsi konsumen terhadap terjaganya pasokan barang konsumsi dan lancarnya distribusi barang.
 

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019